Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Posisi Terbaik Meletakkan Exhaust Fan agar Berfungsi Optimal

Kompas.com - 22/08/2022, 23:15 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber CNET

JAKARTA, KOMPAS.com - AC kerap menjadi solusi utama untuk mendinginkan ruangan. Namun, penggunaan AC memakan biaya listrik yang tidak sedikit. 

Sebagai solusi, Anda bisa menggunakan kipas angin jendela atau exhaust fan untuk menyejukkan ruangan dengan biaya minim. Akan tetapi, posisi meletakkan exhaust fan perlu diperhatikan agar berfungsi maksimal.

Baca juga: 5 Tips Membersihkan Exhaust Fan Kamar Mandi

Dilansir dari CNET, Senin (22/8/2022), Departemen Energi Amerika Serikat menyarankan meletakkan exhaust fan di jendela tempat angin bertiup dari rumah guna membantu menarik udara panas keluar dari rumah. 

Untuk memanfaatkan ventilasi silang, Anda dapat membuka jendela di ruangan yang jauh dari exhaust fan, terutama di mana angin bertiup ke arah rumah. 

Exhaust fan dapat bekerja paling baik jika jendela yang terbuka berada di area lebih sejuk dan teduh sehingga udara yang lebih dingin masuk ke rumah karena udara yang lebih panas ditarik keluar oleh kipas jendela.

Baca juga: Exhaust Fan Kamar Mandi Bekerja dengan Baik? Tes dengan 2 Cara Ini

Jika rumah memiliki lebih dari satu lantai, Anda harus memasang exhaust fan di lantai dua dan membuka jendela di lantai utama untuk ventilasi silang. 

Namun, bila tidak bisa , Anda dapat memasang beberapa kipas di berbagai bagian rumah. 

Bahkan, jika tidak memiliki kipas jendela, Anda dapat membuat ventilasi silang dengan jendela yang terbuka untuk membuat ruangan sedikit lebih nyaman.

Baca juga: Tidak Sulit, Ini Cara Membersihkan Exhaust Fan Kamar Mandi

Bereksperimenlah dengan membuka jendela yang menjadi tempat angin bertiup ke arah rumah dan jendela lain yang menjadi angin bertiup menjauh dari rumah. 

Dengan demikian, akan membantu udara lebih dingin masuk ke rumah serta mengeluarkan udara lebih panas dan stagnan.

Jika memiliki kipas plafon di rumah, Anda bisa juga menyalakannya untuk mendapat hasil lebih banyak. Namun, pastikan kipas berputar berlawanan arah jarum jam untuk menarik udara yang lebih hangat ke atas dan mendorong udara lebih dingin ke bawah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com