Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Exhaust Fan Kamar Mandi Bekerja dengan Baik? Tes dengan 2 Cara Ini

Kompas.com - 05/03/2022, 12:54 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi merupakan area yang paling lembap di dalam rumah. Untuk itu, penggunaan exhaust fan sangat diperlukan untuk mengurangi kelembapan. 

Jika tidak, kelembapan yang berlebih akan menyebabkan berkembangnya jamur di kamar mandi dan menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Namun, bagaimana cara mengetahui jika exhaust fan bekerja dengan baik? 

Dilansir dari Chicago Tribune, Sabtu (5/3/2022) untuk mengetahui apakah exhaust fan bekerja dengan baik atau tidak, Anda bisa mengetesnya atau mengujinya dengan cara mudah dan aman. 

Baca juga: Cara Mencegah Jamur di Kamar Mandi dengan atau Tanpa Exhaust Fan

Ilustrasi exhaust fan.SHUTTERSTOCK/PIYAPHUN PHUNYAMMALEE Ilustrasi exhaust fan.

Pertama, untuk menentukan apakah exhaust fan bekerja, nyalakan kipas dan pegang wadah bedak bayi sekitar 6 inci dari kisi-kisi kipas. Kemudian, genggam bubuk bedak ke arah kisi-kisi.

Jika kipas bekerja, bedak akan ditarik ke dalamnya. Jika kipas dalam kondisi buruk, bedak akan ditarik ke tengah kisi-kisi dan kemudian diembuskan kembali. 

Adapun jika kipas tidak bekerja sama sekali, bedak hanya akan menggantung di udara.

Gunakan kotak kardus dan kartu 

Cara ke dua untuk mengetahui seberapa baik kerjanya, Anda memerlukan kotak kardus dan sebuah kartu seperti kartu debit atau kartu kredit.

Baca juga: 5 Tips Membersihkan Exhaust Fan Kamar Mandi

Jika kipas berada di dinding, gunakan kotak dengan bukaan yang cukup besar untuk menutupi kisi-kisi dan buat lubang sedikit lebih kecil dari kartu kredit di bagian bawah kotak.

Jika kipas berada di langit-langit, buat lubang di sisi bawah kotak. Rekatkan kartu kredit di dalam kotak di atas lubang dengan cukup ringan sehingga dapat berayun bolak-balik di dalam kotak.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com