Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Daun Tanaman Berubah Coklat dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 10/08/2022, 23:10 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias dalam ruangan akan cepat menunjukkan tanda-tanda masalah jika tidak mendapatkan jumlah cahaya, air, atau nutrisi yang tepat. 

Salah satu tanda masalah itu adalah daun tanaman berubah coklat. Tentu kondisi ini membuat tanaman hias tidak sedap dipandang, tetapi bukan berarti mencabut daun untu memperbaiki penampilannya. 

Baca juga: 9 Tanaman Hias Indoor yang Menyerap Karbon Dioksida di Malam Hari

Dilansir dari The Express Newspaper, Rabu (10/8/2022), ada banyak penyebab daun tanaman yang berwarna coklat kering. Namun, penyebab paling umum adalah cara menyiram tanaman

Ini adalah masalah umum yang terjadi pada musim panas ketika penyiraman diperlukan setiap hari untuk menjaga tanaman dalam ruangan tetap terhidrasi dan dalam kondisi lembap. 

Jika tanaman berjuang menyerap air dari akar pada tingkat yang sama kehilangan air sepanjang hari, daun akan cepat memudar dari hijau menjadi coklat. 

Baca juga: Alasan dan Cara Mengatasi Warna Ujung Daun Tanaman Berubah Jadi Coklat 

Cara mengatasi daun coklat pada tanaman hias

Ilustrasi daun tanaman cokelat, Ilustrasi ujung daun tanaman berubah menjadi cokelat. Shutterstock/photowind Ilustrasi daun tanaman cokelat, Ilustrasi ujung daun tanaman berubah menjadi cokelat.
Memangkas sering kali merupakan cara terbaik membantu daun tanaman kembali hijau.

Namun, salah satu pengguna media sosial, Tanner Mitchell, cara terbaik mengatasi tanaman yang "sekarat" adalah mengikuti aturan 50 persen saat memangkas daun coklat. Ini meninggalkan daun pada tanaman dan hanya membuang bagian yang rusak.

Untuk daun yang benar-benar berubah menjadi coklat atau kuning, ahli tanaman merekomendasikan memotongnya dari batang guna memungkinkan pertumbuhan baru.

Karena daun tertua berada paling dekat dengan bagian bawah, cara terbaik mengatasinya adalah memulai dari pangkal tanaman dan menelusuri daun yang rusak sampai ke tempat bertemunya batang utama.

Setelah menemukan titik ini, buat potongan bersih. Jika Anda hanya memotong batang setengah, sisanya semua batang utama yang tidak memiliki daun ini akan mati. Jadi, sebaiknya mempercepat proses pemangkasannya. 

Baca juga: 4 Penyebab Daun Tanaman Giok Mengerut dan Layu 

Cara menghentikan daun tanaman menjadi coklat

Ilustrasi daun tanaman berubah jadi cokelat; ilustrasi daun tanaman kering dan layuShutterstock/dropStock Ilustrasi daun tanaman berubah jadi cokelat; ilustrasi daun tanaman kering dan layu
Untuk mencegah daun tanaman hias berubah menjadi coklat pada masa depan, penting untuk mempertimbangkan kembali jadwal penyiraman.

Penyiraman yang berlebihan dan kurang dapat dihindari dengan mengambil pendekatan sedikit serta sering merawat tanaman hias. 

Di samping itu, Better Homes and Gardens menjelaskan, sebagian besar tanaman dalam ruangan lebih menyukai pasokan kelembapan yang stabil. 

Baca juga: 4 Penyebab Daun Tanaman Berwarna Coklat dan Tips Menyiramnya

Untuk mencapai ini, Anda harus menyirami tanaman sampai melihat cairan keluar dari lubang drainase, lalu mengosongkan alas pot untuk menghindari cairan tergenang yang menyebabkan masalah lebih lanjut.

Periksa tanah setiap hari untuk menentukan kapan penyiraman berikutnya diperlukan dan mencegah tanaman mengering atau menjadi terlalu basah di antara setiap penyiraman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com