Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Alami Membersihkan Daun Tanaman Hias yang Kusam agar Mengkilat

Kompas.com - 26/01/2022, 13:50 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Apakah Anda mengoleksi ragam tanaman hias daun di rumah? Ukuran, bentuk, dan warna daun yang unik dan mengkilap memang jadi daya tarik tersendiri bagi pecinta tanaman.

Namun, saat musim hujan atau menyiram tanaman, tak jarang tetesan air atau embun hinggap di daun sehingga menimbulkan bekas yang tak menyenangkan untuk dilihat. Bahkan bekas tersebut juga membuat daun terlihat kusam.

Nah, tapi Anda tak perlu khawatir, Anda bisa mengembalikan kilau daun tanaman hias dengan beberapa cara sederhana ini. Melansir dari Balcony Garden Web pada Rabu (26/01/2021) berikut tips menghilangkan noda kusam akibat tetesan air pada tanaman hias.

Baca juga: Cara Membasmi Hama Kutu Putih di Batang dan Daun Tanaman Hias

1. Cuka dan air

Ilustrasi daun tanaman yang terkena air hujan. PIXABAY/THILOBECKER Ilustrasi daun tanaman yang terkena air hujan.

Cuka cukup ampuh untuk membersihkan tanda air dari daun. Campurkan 1-2 sendok teh cuka putih dalam satu liter air. Tuang isinya ke dalam botol semprot, aduk rata, dan semprotkan ke dedaunan. Biarkan selama beberapa detik, lalu bersihkan menggunakan kain katun basah. Lakukan ini sesekali untuk menjaga agar daunnya tetap bersih!

2. Sabun dan air

Tambahkan 6-8 tetes sabun cair apa pun ke dalam satu liter air dan aduk rata. Setelah berbusa, celupkan kain katun ke dalam larutan dan bersihkan daunnya dengan itu. Setelah selesai, bersihkan daun dengan kain katun terpisah, basahi dengan air bersih.

Baca juga: 4 Bahan Alami yang Ampuh Membersihkan Daun Tanaman Hias

3. Jus lemon dan air

Seperti metode cuka dan air, lemon atau air jeruk nipis dicampur dengan air bekerja dengan baik dalam membersihkan daun tanaman. Campurkan satu sendok teh air jeruk nipis atau lemon dan 600 ml air.

Aduk rata, tuangkan ke dalam botol semprot, semprotkan pada daun dan diamkan selama 15-20 detik. Bersihkan dengan kain katun basah. Seperti cuka dan air, asam dalam jus lemon akan membantu memecah deposit mineral yang ada dalam air sadah.

4. Air suling

Gunakan air suling biasa untuk menyeka noda air daun tanaman dengan lembut. Pilih kapas atau kapas atau kain lembab yang lembut untuk hasil terbaik. Namun, ini hanya akan berfungsi jika nodanya sedikit dan kecil.

Ingatlah untuk hanya menggunakan air hangat dan jangan gunakan air panas atau dingin untuk menghindari kejutan atau tekanan pada sistem akar tanaman.

Baca juga: Kenapa Daun Tanaman Hias Perlu Dibersihkan? Ini Alasannya

5. Susu

Ketika mencari tahu cara merawat aglonema, tanaman akan tumbuh sehat asalkan kita mengikuti satu aturan sederhana, yakni semakin terang variegasi pada daun tanaman, maka akan semakin banyak sinar matahari yang dibutuhkannya.UNSPLASH/DAVID CLOD Ketika mencari tahu cara merawat aglonema, tanaman akan tumbuh sehat asalkan kita mengikuti satu aturan sederhana, yakni semakin terang variegasi pada daun tanaman, maka akan semakin banyak sinar matahari yang dibutuhkannya.

Campurkan susu dan air secara merata dan tuangkan larutan ke dalam botol semprot. Sekarang, semprotkan daun dengan campuran ini dan biarkan selama 5-8 menit. Lap dengan kain katun basah.

Susu dapat digunakan sebagai pestisida ringan karena berpotensi menyerang kutu daun dan membunuh virus daun mosaik. Susu terkadang juga digunakan sebagai larutan antijamur untuk menghentikan kasus embun tepung.

6. Kulit pisang

Kulit pisang dapat membantu Anda menghilangkan noda air dari permukaan daun tanaman sambil membantu mereka memiliki cahaya yang sehat. Gunakan dinding bagian dalam kulit pisang untuk menyeka setiap daun dengan lembut di kedua sisi. Ini akan menghapus noda sambil meninggalkan kilau pada dedaunan!

Baca juga: Tanda dan Cara Mengatasi Daun Tanaman Hias Terbakar Sinar Matahari

7. Minyak Nimba

Campurkan 2-3 tetes sabun cair dan setengah sendok teh minyak nimba pekat dalam satu galon air. Tuangkan campuran ini ke dalam botol semprot. Kocok dengan baik dan semprotkan pada daun tanaman hias dan bersihkan dengan kain mikrofiber basah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com