Kompas.com - 10/08/2022, 21:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Terlepas dari kualitasnya, tidak dapat dipungkiri bahwa kasur sering digunakan setiap malam. Hal ini akhirnya dapat membuat kasur menurun atau mengempis dalam waktu lama.

Permukaan kasur yang mulai mengempis dapat membuat tidur menjadi kurang nyaman dan membuat tubuh bisa terguling ke bagian yang menurun. 

Baca juga: Tungau Debu dan Tungau Kasur, Apa Perbedaan Keduanya?

Salah satu cara mempertahankan permukaan kasur tetap rata adalah rajin membali kasur. Namun, seberapa sering harus membalik kasur?

Disadur dari Family Handyman, Rabu (10/8/2022), frekuensi membalik kasur tergantung pada jenisnya. 

Ada berbagai jenis kasur di dunia ini, dari kasur busa memori dengan ketebalan 20 sentimeter (cm) dan 30 cm, kasur dengan permukaan halus, atau memakai berbagai jenis kain.

Spesialis kesehatan tidur di Mattress Clarity, Victoria Wildhorn, mengidentifikasi enam jenis kasur, yakni firm, soft, innerspring, busa memori, hybrid, dan coil.

Setiap jenis kasur ini mengalami keausan berbeda-beda. Jadi, kamu harus mengikuti petunjuk penggunaan dari pabrik untuk merawatnya.

Untuk kasursoft berukuran kecil, Wildhorn mengatakan jenis ini bisa lebih cepat aus. Sementara itu, kasur jenis firm berukuran besar dapat menahan bentuknya lebih lama.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau di Kasur dengan 6 Langkah

Alasan kasur harus diputar atau dibalik

Ilustrasi kamar tidur dengan warna sage green. SHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOW Ilustrasi kamar tidur dengan warna sage green.

Tentunya, setiap orang memiliki sisi tempat tidur favorit. Namun, setelah berbulan-bulan berbaring di tempat yang sama, tempat tersebut akan mulai mengalami aus. Memutar dan membalik kasur membantu menyebarkan keausan secara merata.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.