Kompas.com - 10/08/2022, 21:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu cara mudah mengetahui anjing sedang hamil atau tidak adalah melihat perutnya yang membesar.

Namun, perut anjing peliharaan yang membesar tidak selalu karena hamil, tapi bisa karena anjing kegemukan atau obesitas. Ada beberapa tanda anjing hamil selain perut membesar.

Dikutip dari Daily Paws, Rabu (10/8/2022), berikut lima tanda anjing hamil yang perlu diketahui agar bisa mepersiapkan lingkungan yang nyaman untuk sahabat bulu. 

Baca juga: 5 Tanda Awal Anjing Hamil yang Harus Diperhatikan

Perubahan nafsu makan

Ilustrasi anjing makan. Cokelat bisa berbahaya untuk anjing. Anjing makan cokelat bisa menyebabkan mereka keracunan. Shutterstock/Chendongshan Ilustrasi anjing makan. Cokelat bisa berbahaya untuk anjing. Anjing makan cokelat bisa menyebabkan mereka keracunan.

Selama hari-hari awal kehamilan, kamu mungkin memperhatikan anjing tidak makan sebanyak yang biasanya. Namun, sekitar periode pertengahan kehamilan, nafsu dan berat badan anjing meningkat.

Dokter hewan dari Winterset Veterinary Center, Lonna J. Nielsen, mengatakan kamu harus memberinya makanan anjing selama kehamilan dan saat menyusui.

Baca juga: Cara Merawat Anjing Hamil agar Tetap Sehat

Perubahan tingkat energi

Selama minggu-minggu pertama kehamilan, anjing betina mungkin tidak menunjukkan aktivitas yang biasa dilakukan seperti adanya penurunan aktivitas fisik.

Meski begitu, ini bukan berarti harus membatasi aktivitas anjing sama sekali.

Mengalami morning sickness

Morning sickness atau mual pada pagi hari adalah kondisi umum ketika ibu hamil mengalami mual dan muntah, tapi tidak melulu terjadi pada pagi hari. 

Kondisi ini juga dialami anjing betina yang hamil. Perubahan hormon anjing yang menyertai kehamilan dapat membuatnya muntah pada tahap awal kehamilan.

Halaman:
Sumber Daily Paws


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.