Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara Meningkatkan Energi Positif di Pintu Masuk Rumah

Kompas.com - 03/08/2022, 19:25 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pintu masuk utama rumah lebih dari sekedar sarana untuk masuk, tapi juga dianggap sebagai gapura yang mengarah pada kemenangan dan kemajuan dalam hidup.

Menurut feng shui, pintu masuk rumah adalah salah satu area terpenting dari sebuah hunian. Ini juga disebut sebagai mulut qi, yang menurut filosofi tiongkok kuni berarti kekuatan hidup. 

Baca juga: Kamar Mandi Tak Boleh Terlihat dari Pintu Masuk Rumah, Mengapa?

Pankaj Poddar, salah satu pendiri Hipcouch menjelaskan, selain sebagai titik di mana kekuatan hidup memasuki rumah, pintu masuk juga merupakan hal pertama yang diperhatikan tamu atau siapa pun yang melewati rumah Anda. 

Berikut cara meningkatkan energi positif di pintu masuk rumah yang tidak hanya membawa kemakmuran dan getaran yang baik, tetapi juga akan menjaga aspek estetikanya menurut feng shui dilansir dari Indian Express, Rabu (3/8/2022). 

Baca juga: 5 Cara Mencerahkan Area Pintu Masuk Rumah yang Gelap 

Memiliki satu pintu masuk utama

Ilustrasi teras rumah, ilustasi pintu depan rumah, Ilustrasi pintu kayu.SHUTTERSTOCK / David Papazian Ilustrasi teras rumah, ilustasi pintu depan rumah, Ilustrasi pintu kayu.
Orang sering memiliki beberapa pintu masuk selain pintu depan rumah seperti pintu garasi, pintu belakang, atau pintu samping.

Meski tidak salah memiliki lebih dari satu pintu masuk, hal penting adalah yang paling sering digunakan. Selalu gunakan pintu depan rumah saat keluar dan masuk rumah.  

Perhatikan arahnya

Arah yang paling menguntungkan dianggap yang menghadap ke selatan karena memungkinkan penyerapan chi (kekuatan hidup), kedamaian dalam keluarga, dan cahaya masuk ke rumah.

Selain itu, penting mengetahui cara memeriksa arah pintu depan rumah. Arah menghadap pintu depan dapat diketahui dengan berdiri di pintu masuk rumah, melihat ke luar, kemudian, menggunakan bantuan kompas, dan lihat ke mana arahnya.

Lakukan proses ini setidaknya tiga sampai empat kaili untuk mendapatkan ide yang benar. 

Baca juga: 4 Tips untuk Meningkatkan Tampilan Pintu Masuk Rumah

Miliki ruang masuk yang tepat

Ilustrasi pintu depan rumah, Ilustrasi pintu kayu.Shutterstock/Ursula Page Ilustrasi pintu depan rumah, Ilustrasi pintu kayu.
Sangat umum jika pintu masuk rumah terbuka langsung ke ruang tamu atau ruang makan. Namun, hal terbaik adalah menentukan pintu masuk rumah dan memiliki ruang terpisah untuk itu.

Jika memiliki ruang terpisah tidak memungkinkan dan area tempat pintu terbuka adalah ruang yang besar, Anda dapat memilih karpet untuk membantu menentukan pintu masuk rumah. 

Baca juga: 6 Hal yang Tak Boleh Terlihat dari Pintu Masuk Rumah Menurut Feng Shui

Pertahankan pintu depan

Penting menjaga penampilan dan fungsi pintu depan rumah. Pastikan cat tidak terkelupas atau pintu tidak berisik saat dibuka.

Pastikan semuanya dalam kondisi baik dan berfungsi dengan baik. Sebab, diyakini bahwa hambatan-hambatan kecil ini dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Pada akhirnya, hambatan ini bertambah, bahkan mempengaruhi kesehatan.

Selain itu, pastikan membersihkan pintu depan rumah sesekali. Lakukan dengan maksud agar Anda menghapus atau membersihkan semua energi negatif buruk dari rumah.  

Baca juga: 5 Cara Menyegarkan Tampilan Area Pintu Masuk Rumah

Pilih warna pintu yang tepat

Ilustrasi pintu depan rumah berwarna kuning.Unsplash/evelynparis Ilustrasi pintu depan rumah berwarna kuning.
Menurut arah pintu masuk, ada warna yang sempurna untuk pintu depan rumah. Jika pintu utama menghadap ke Selatan, pilih merah menyala.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com