Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari, 5 Benda Ini Tidak Boleh Dibersihkan dengan Cuka

Kompas.com - 03/08/2022, 11:15 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuka adalah produk rumah tangga yang memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai bahan pembersih.

Cuka adalah bahan alami yang dapat membersihkan segala benda seperti bagian dalam microwave dan bak mandi atau bathtub. Cuka juga bagus untuk mencerahkan kain atau pakaian putih. 

Baca juga: Cara Membersihkan Bathtub Pakai Cuka dan Sabun Cuci Piring

"Alasan cuka sangat baik untuk membersihkan karena sifatnya yang sangat asam," kata Hailey Becnel, pakar kebersihan dan pendiri @thecleaningchannel, dilansir dari Southern Living, Rabu (3/8/2022).

Selain itu, cuka tidak beracun sehingga tidak meninggalkan bahan kimia di rumah. Namun, sekuat apa pun itu, Becnel mengatakan, cuka memiliki keterbatasan dalam hal pembersihan.

Bahkan, bahannya sebenarnya bisa sangat merusak barang-barang tertentu di rumah lantaran kandungan asam yang tinggi. 

Berikut beberapa material dan benda yang harus tidak boleh dibersihkan dengan cuka.  

Baca juga: Cara Menghilangkan Goresan di Lantai Kayu, Bisa Pakai Cuka 

Countertops

Ilustrasi meja countertops di dapurUnsplash/Joe Ciciarelli Ilustrasi meja countertops di dapur
Becnel mengatakan asam dalam cuka dapat merusak permukaan tertentu seperti marmer, granit, atau batu kapur.

Asam dalam cuka memiliki kekuatan menumpulkan batu dan memecah sealant dari waktu ke waktu, yang dapat menyebabkan lebih banyak noda serta kerusakan.

Metode tepat membersihkan meja tergantung pada jenis bahan yang dimiliki di dapur. Sebagai solusi, sebaiknya membersihkan permukaan tersebut menggunakan sedikit sabun dan air.  

Baca juga: Cara Menghilangkan Kerak Air di Kloset, Pakai Cuka dan Baking Soda

Perangkat elektronik

Meski menyemprotkan cuka disinfektan dengan cepat ke layar laptop atau table terdengar seperti metode sederhana untuk membunuh kuman yang menempel, cara itu sebenarnya dapat merusak lapisan pada layar.

Sebagai gantinya, bersihkan layar peeralatan elektronik dengan produk yang diformulasikan khusus untuk layar atau menggunakan kain mikrofiber yang bersih dan kering untuk menyegarkan layar. 

Baca juga: Mudah, Ini Cara Membersihkan Noda Kopi pada Pakaian dengan Cuka

Lantai kayu

Ilustrasi dapur, ilustrasi lantai kayu laminasi.SHUTTERSTOCK / Serghei Starus Ilustrasi dapur, ilustrasi lantai kayu laminasi.
Jenis lantai kayu tertentu tidak dapat mentoleransi tingkat keasaman cuka yang tinggi. Cuka adalah musuh untuk semua kayu keras.

Becnel mengatakan membersihkan lantai kayu keras dengan cuka adalah kesalahan yang sering dilakukan. Ini bisa menjadi masalah besar seiring waktu karena dapat merusak sealant dan kayu itu sendiri seiring waktu.

Kabar baiknya, ada banyak produk pembersih di luar sana yang dirancang khusus untuk lantai kayu keras. Jadi, sebaiknya menggunakan produk tersebut.  

Baca juga: Cara Menggunakan Cuka untuk Mencegah Warna Pakaian Memudar

Furnitur berlilin

Sama dengan kayu keras, menggunakan produk yang sangat asam seperti cuka pada furnitur berlapis lilin adalah hal yang sangat dilarang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com