Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Mesin Pencuci Piring

Kompas.com - 17/07/2022, 09:06 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Houzz

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci piring dan peralatan memasak lainnya adalah salah satu tugas rumah tangga yang memakan waktu dan cukup melelahnya. 

Namun, kini pekerjaan tersebut menjadi lebih cepat dan ringan berkat adanya mesin pencuci piring

Baca juga: 5 Penyebab Mesin Pencuci Piring Berbau

Dulu, mempunyai mesin pencuci piring dianggap sebagai kemewahan, tapi peralatan elektronik tersebut kini telah berevolusi menjadi barang penting di dapur dan sudah dimiliki banyak rumah. 

Selain meringankan pekerjaan, mesin cuci piring juga dapat menghemat sekitar 4.000 galon air atau 15 ribu liter selama masa pemakaian dibanding mencuci piring dengan tangan.

Namun, sebelum membeli mesin pencuci piring, ada sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan agar tak salah memilih.

Dilansir dari Houzz India, Minggu (17/7/2022), berikut sejumlah hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli mesin pencuci piring. 

Baca juga: 6 Masalah yang Sering Dialami Mesin Pencuci Piring 

Tipe mesin pencuci piring

Ilustrasi mesin pencuci piring.SHUTTERSTOCK / Andrey_Popov Ilustrasi mesin pencuci piring.
Secara luas, mesin pencuci piring diklasifikasikan sebagai mesin pencuci piring built-in dan portabel yang tersedia dalam versi otomatis, semi-otomatis, dan manual.

Mesin pencuci piring built-in biasanya berada di bawah meja dan mudah dipasang di dapur. Untuk membuatnya, Anda dapat merenovasi sebagian dapur dengan memperpanjang saluran pipa wastafel, menyediakan stopkontak, serta melepas beberapa lemari dasar atau laci untuk menampung mesin pencuci piring sesuai dengan ukurannya.

Mesin pencuci piring portabel yang berdiri sendiri dilengkapi dengan roda dan menjadi pilihan praktis untuk rumah sewaan.

Tipe mesin pencuci piring ini harus ditempatkan di dekat wastafel sehingga dapat terhubung dengan keran saat digunakan. Namun, satu kelemahan mesin pencuci piring portable adalah membuat dapur berantakan.  

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Dipikirkan Sebelum Membeli Mesin Pencuci Piring 

Ukuran mesin pencuci piring

Ilustrasi mesin pencuci piring atau dishwasher table top dari Bosch Dok/Bosch Indonesia Ilustrasi mesin pencuci piring atau dishwasher table top dari Bosch
Mesin pencuci piring tersedia dalam pengaturan enam, delapan, 10, 12, 14, dan 16 tempat masing-masing. Ukuran mesin pencuci piring ditentukan jumlah pengaturan tempat.

Misalnya, pengaturan 12 tempat menampung 12 set piring seperti piring makan, sendok, mangkuk, dan garpu. Pengaturan 10 tempat menampung 10 set piring dan seterusnya.

Mesin pencuci piring compact dengan pengaturan enam atau delapan tempat cocok untuk keluarga kecil dengan dua atau tiga anggota.

Mesin pencuci piring ukuran standar hadir dengan 12 pengaturan tempat yang cocok untuk keluarga berukuran sedang dan besar yang memiliki lebih dari empat anggota. 

Baca juga: 6 Cara Menjaga Mesin Pencuci Piring Tetap Efisien dan Tahan Lama 

Bahan mesin pencuci piring

Ilustrasi mesin pencuci piring, ilustrasi dishwasher.UNSPLASH / Nathan Dumlao Ilustrasi mesin pencuci piring, ilustrasi dishwasher.
Mesin pencuci piring tersedia dengan rak interior berbahan plastik atau baja.
Mesin pencuci piring baja sangat tahan lama, tahan karat dan noda, dan memiliki tampilan modern, serta dapat menahan suhu tinggi saat air dipanaskan selama siklus pencucian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com