Kompas.com - 04/07/2022, 11:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin pencuci piring atau dishwasher kini banyak digunakan di rumah-rumah karena fungsinya yang sangat membantu mempercepat kegiatan mencuci piring.

Akan tetapi, ada kendala yang biasanya ditemukan di alat ini, yakni bau yang tak sedap menempel. Bahkan mesin pencuci piring terbaik pun bisa menjadi bau jika Anda tidak merawatnya dengan benar.

Dilansir dari Real Homes, Senin (4/7/2022), berikut adalah beberapa penyebab mesin pencuci piring berbau tidak sedap, dan cara memperbaikinya, menurut seorang ahli peralatan rumah tangga. 

Baca juga: 6 Masalah yang Sering Dialami Mesin Pencuci Piring

Ilustrasi mesin pencuci piring, ilustrasi dishwasher.PIXABAY / onlynoodle Ilustrasi mesin pencuci piring, ilustrasi dishwasher.

1. Filter yang kotor

Sejauh ini, ini adalah alasan paling umum untuk mesin pencuci piring yang bau. Elyse Moody, ahli alat dan kepala konten di Designer Appliances, mengatakan, mesin pencuci piring yang bau biasanya perlu dibersihkan.

"Mungkin sudah terlalu lama sejak Anda melepas filter dan menggosoknya," kata Moody. 

Moody mengakui bahwa beberapa orang bahkan mungkin tidak tahu bahwa ada filter yang dapat dilepas di mesin pencuci piring mereka, karena mesin pencuci piring dulunya memiliki pembuangan makanan keras di bagian bawah yang menggiling potongan makanan.

Meski demikian, mesin yang lebih baru memiliki filter yang menangkapnya. 

Baca juga: Cuka Putih Wajib Ditambahkan ke Dalam Mesin Pencuci Piring, Mengapa?

2. Sisa makanan menempel di mesin

Sisa makanan juga dapat menyumbat keranjang peralatan dan nozel semprotan pada lengan pencuci. Moody menjelaskan, Anda bisa menggunakan kuas untuk membersihkannya.

Di sinilah argumen tentang pra-pembilasan masuk. Banyak orang tidak menyukai gagasan membilas piring mereka sebelum memasukkannya ke dalam mesin pencuci piring, karena itu adalah pekerjaan ekstra yang harus dilakukan mesin pencuci piring.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Real Homes
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.