Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/06/2022, 17:02 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin cuci menjadi peralatan elektronik untuk mencuci pakaian dan kain. Dengan mesin cuci, tuga mencuci pakaian lebih mudah dan cepat.

Seiring perkembangan zaman, produsen mesin cuci menyediakan berbagai pilihan jenis mesin cuci, dari mesin cuci bukaan atas, mesin cuci bukaan depan, hingga mesin cuci portable. 

Baca juga: Ketahui, Keunggulan dan Kekurangan Mesin Cuci Portable 

Saat ini, banyak orang yang mulai beralih menggunakan mesin cuci portable. Mesin cuci compact ini memiliki berat rata-rata di bawah sembilan kilogram serta menggunakan pengait wastafel atau ember air untuk mencuci dan membilas pakaian.

Selain itu, mesin cuci portabel berukuran cukup kecil sehingga bisa menyimpannya di lemari atau sudut ruangan saat tidak digunakan.

Dilansir dari Mind Body Green, Selasa (14/6/2022), mesin cuci portable datang dalam model listrik maupun manual serta dapat menghemat uang, ruang, air, dan listrik dalam jangka panjang. 

Begitu pun soal fungsi, mesin cuci portabel berfungsi dengan baik, tetapi membutuhkan lebih banyak usaha saat mencuci pakaian menggunakan mesin cuci ini. 

Anda perlu mengisi dan menguras mesin cuci portable secara manual dan terkadang perlu membersihkan tumpahan air dari selang yang bocor. 

Baca juga: 4 Tips Mudah Membuat Mesin Cuci Lebih Tahan Lama

Hal yang harus diperhatikan saat membeli mesin cuci portable 

Ilustrasi mesin cuci portable.Shutterstock/Geoff Sperring Ilustrasi mesin cuci portable.
Menurut pakar keberlanjutan dan konservasi, Heather White, hal yang harus diperhatikan saat memilih mesin cuci portabel yang paling berkelanjutan adalah fungsi saluran pembuangan dan kontrol suhu.

"Mesin cuci portabel adalah pilihan baik dan berkelanjutan untuk apartemen yang lebih kecil dan individu atau pasangan yang tidak memiliki banyak cucian," katanya. 

Penggunaan air juga menjadi pertimbangan penting dalam hal konservasi. "Lihat berapa banyak air yang digunakan untuk mencuci," kata Amanda Klecker, ahli biologi bangunan bersertifikat yang menilai kesehatan rumah secara keseluruhan. 

Pastikan juga memperhatikan selang air, lihat apakah nozzle cocok dengan wastafel, dan periksa apakah mesin memiliki kontrol kebisingan.

Selain itu, disarnakan melihat ukuran drum cuci dan berapa banyak pakaian yang dapat ditampung. 

Baca juga: Penyebab dan Cara Membersihkan Mesin Cuci yang Bau  

Cara mencuci pakaian dengan mesin cuci portable

Perbedaan utama antara mesin cuci portabel dan biasa adalah membutuhkan lebih banyak tenaga fisik. Berikut langkah menggunakan mesin cuci portable; 

  • Kumpulkan cucian 

Ilustrasi mesin cuci, ilustrasi mencuci bantal dengan mesin cuci. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi mesin cuci, ilustrasi mencuci bantal dengan mesin cuci.
Kebanyakan mesin cuci portabel tidak dapat membersihkan pakaian lebih dari sembilan kilogram. Artinya, mesin cuci hanya bisa mencuci tiga kemeja, tiga gaun, baju tidur, dan enam pasang pakaian dalam.

Untuk itu, sebaiknya mengurutkan cucian dari warna terang dan gelap serta mencucinya dalam muatan terpisah. 

Baca juga: Stop Menyimpan Pakaian Kotor di Dalam Mesin Cuci, Ini Bahayanya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com