Kompas.com - 20/05/2022, 07:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain pemilihan warna cat, hal yang harus diperhatikan lainnya adalah pemilihan hasil akhir alias finishing cat tersebut. Warna cat yang Anda pilih akan terlihat berbeda jika Anda memilih finishing matte dan hasil akhir high-gloss.

Dilansir Southern Living, Jumat (20/5/2022), lapisan cat tertentu lebih mudah dibersihkan dan lebih baik untuk di beberapa area tertentu di rumah.

Untuk itu, berikut beberapa finishing cat yang bisa Anda pilih. 

Baca juga: 5 Pilihan Warna Cat yang Sesuai dengan Desain Ruangan

Ilustrasi cat, ilustrasi warna cat. Shutterstock/Sebastian Duda Ilustrasi cat, ilustrasi warna cat.

1. Flat, matte

Lapisan cat flat dan matte menyerap cahaya untuk tampilan yang halus dan elegan.

Menurut Matt Kunz, presiden Five Star Painting, lapisan datar dan matte sering digunakan di lokasi konstruksi karena lapisan ini dapat dengan sempurna menyembunyikan ketidaksempurnaan pada dinding. 

Jika Anda ingin menutupi goresan dan kerusakan dinding, ini adalah pilihan yang tepat. Namun, dia juga mengatakan lapisan cat flat dan matte dapat menyerap kotoran, sehingga umumnya bukan pilihan yang bagus untuk dapur, kamar anak, atau area lalu lintas tinggi.

2. Eggshell 

Tidak mengherankan, hasil akhir cat eggshell yang menyerupai kulit telur terkenal memiliki kedalaman dan kehangatan alami, dengan efek beludru yang khas.

Baca juga: Catat, Ini Warna Cat yang Tidak Boleh Digunakan di Ruang Makan

 

Bob Skibinski, CEO B Homes Design & Development, mengatakan hasil akhir cat ini sangat diminati akhir-akhir ini.

Finishing cat ini mudah dirawat, terutama di rumah yang aktif dengan anak-anak dan hewan peliharaan. Finishing eggshell tahan terhadap noda dan lecet dan merupakan pilihan perawatan yang rendah untuk area lalu lintas tinggi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.