Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Menemukan Warna Cat yang Tepat untuk Ruangan

Kompas.com - 15/05/2022, 18:43 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Memilih warna cat yang tepat menjadi hal penting untuk membuat rumah tampak cantik dan lebih hidup. 

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa proses pemilihan cat dapat membuat seseorang merasa kewalahan, entah karena terdapat terlalu banyak pilihan warna, atau ada anggota keluarga yang tidak menyukai warna tertentu.

Baca juga: Cara Menggunakan Painters Tape Saat Mengecat Dinding

Saat memilih warna cat, ada sejumlah pertimbangan yang harus dipikirkan, salah satunya nuansa yang dikeluarkan warna tersebut pada ruangan.

Disadur dari Martha Stewart, Minggu (15/5/2022), ada tiga cara mudah yang bisa dilakukan untuk menemukan warna cat yang tepat sebagai berikut. 

Baca juga: 6 Warna Cat Vintage yang Diprediksi Kembali Populer Saat Ini

Cari warna yang disukai

Ilustrasi memilih warna cat dinding. FREEPIK/WAYHOMESTUDIO Ilustrasi memilih warna cat dinding.

Penting memilih warna yang benar-benar disukai dibanding warna yang membuat kamu tertarik hanya karena kamu melihatnya di mana-mana.

Tren dapat sejalan dengan gaya pribadi seseorang dan menjadi inspirasi, tetapi bukan berarti harus mengecat ruangan dengan warna yang tidak disukai hanya karena sedang menjadi tren. 

Coba pikirkan tentang suasana hati yang ingin kamu bangkitkan dalam suatu ruangan, warna yang menurutmu paling menarik, dan apakah warna yang dipilih sesuai dengan kepribadianmu atau tidak.

Baca juga: 6 Cara Menghadirkan Warna ke Ruangan Tanpa Perlu Mengecat Dinding

Jangan lupakan furnitur dan elemen dekoratif

Jika ruangan yang hendak dicat sudah dipenuhi barang, pertimbangkan kehadiran barang-barang tersebut memilih warna cat yang tepat.

Mulailah dari memperhatikan sofa, lemari, dan lantai kayu keras, ubin, atau karpet karena furnitur ini kemungkinan tidak akan berubah.

Kunci memilih warna cat yang tepat adalah warnanya harus sesuai dengan furnitur yang ada di dalam ruangan. Apabila ruangan masih kosong, ada dua pilihan untuk dipertimbangkan.

Pertama, mulai dengan warna cat yang disukai, lalu pilih furnitur dan gorden yang sesuai. Kedua, mempersempit elemen dekoratif di ruangan, lalu pilih warna cat yang dapat menyatukan isi ruangan.

Baca juga: Cegah Kering, Begini Cara Tepat Menyimpan Kuas Cat

Lihat warna dalam cahaya tertentu

Ilustrasi cat dinding, mengecat dinding.FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi cat dinding, mengecat dinding.

Cahaya dan warna berjalan secara bersamaan. Jadi, kamu perlu menguji warna cat pada dinding dan menilainya sepanjang hari untuk memastikan apakah kamu menyukai tampilannya, baik saat pagi dan malam hari.

Setelah itu, perhatikan seperti apa warna cat terlihat dalam cahaya alami dibanding cahaya buatan. Untuk ruangan yang tidak terkena cahaya matahari, pilih warna cat yang lebih hangat untuk menyeimbangkan potensi kekurangan cahaya.

Sementara itu, untuk ruangan yang mendapat cahaya matahari, sebaiknya memilih warna cat yang netral seperti putih dan cream. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com