Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/05/2022, 14:05 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber HGTV

JAKARTA, KOMPAS.com - Kompor dengan tungku berbahan kaca memberikan tampilan dapur yang modern dan elegan. Namun, menjaga kebersihan dan merawat kompor kaca sulit untuk dilakukan.

Seperti permukaan kaca lainnya, tumpahan, cipratan, atau noda sekecil apa pun dapat terlihat jelas di atas kompor kaca sehingga membuat tampilannya cepat kotor. 

Baca juga: Perhatikan, Ini Penyebab Kompor Kaca Pecah

Buruknya lagi, sedikit makanan kering yang tidak segera dibersihkan dari kompor kaca dapat terbakar saat Anda memasak kembali. Tumpahan yang terbakar ini tentu saja meninggalkan noda membandel yang sulit dihilangkan. 

Ditambah, membersihkan kompor kaca perlu berhati-hati lantaran permukaannya mudah tergores serta menggunakan produk pembersih yang aman. 

Dikutip dari HGTV, Minggu (15/5/2022), berikut tips aman membersihkan kompor kaca. 

Baca juga: Simak, Keuntungan Memiliki Kompor Kaca Tanam di Dapur 

Pembersihan sehari-hari

Ilustrasi kompor kaca, ilustrasi membersihkan kompor kaca.SHUTTERSTOCK/brizmaker Ilustrasi kompor kaca, ilustrasi membersihkan kompor kaca.
Cara aman dan mudah menjaga kompor kaca tetap bersih adalah mengelap permukaannya setelah digunakan.

Sebaiknya, menggunakan kain mikrofiber atau spons yang dibasahi dengan cuka atau air. Hindari menggunakan sabut gosok atau sikat gosok dan lakukan membersihkan kompor kaca ini setelah permukaannya tidak lagi panas. 

Baca juga: Ingin Beli Kompor Kaca Baru? Cari yang Memiliki Fitur Tempered Glass

Pembersihan mingguan

Kesibukan dan terburu-buru sering kali membuat Anda lupa mengelap kompor kaca dan membersihkan noda yang menempel.

Anda memerlukan teknik pembersihan yang lebih menyeluruh. Setelah kompor kaca dingin, gunakan cuka putih untuk menyemprot permukaannya, lalu taburkan baking soda di atas cuka.

Setelah itu, ambil handuk bersih, kemudian rendam dalam air panas dan diperas, dan letakkan di atas campuran cuka dan baking soda. Biarkan campuran ini bekerja selama 10-15 menit.

Selanjutnya, lepaskan handuk dan bersihkan residu dengan kain mikrofiber. Semprotkan lebih banyak cuka dan gunakan kain mikrofiber baru untuk menghilangkan goresan. 

Baca juga: Cara dan Trik Terbaik Membersihkan Kompor Kaca 

Pembersihan mendalam 

Ilustrasi kompor kaca.SHUTTERSTOCK / Africa Studio Ilustrasi kompor kaca.
Selanjutnya, membersihkan kompor kaca sebaiknya juga dilakukan secara mendalam. Ketika noda membandel atau terbakar tidak dapat dihilangkan dengan proses pencucian mingguan, inilah saatnya menggunakan silet genggam.

Namun, sebelum melakukan metode ini, periksa instruksi perawatan dari pabrikan. Jika instruksi memperingatkan agar tidak menggunakan silet, jangan lanjutkan.

Namun, apabila tidak, mulailah dengan menyemprotkan cuka ke permukaan kompor yang dingin untuk melonggarkan makanan yang terbakar. 

Baca juga: Amankah Memasak dengan Wajan Besi Cor di Kompor Kaca?

Selanjutnya, pegang silet sedatar mungkin di atas kompor, gosok perlahan residu yang membandel menggunakan tekanan yang seragam pada mata silet.

Hindari menggunakan sudut yang dapat menggores permukaan atas kaca. Gunakan kain mikrofiber untuk menyeka noda yang terlepas. Ulangi sampai permukaan kompor kaca bebas dari noda atau kotoran menempel. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com