Kompas.com - 28/01/2022, 07:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Panci besi cor atau wajan bes cor banyak dipilih untuk memasak karena ketahanannya dan kemampuannya menghantar panas. Akan tetapi, kemudian muncul banyak pertanyaan terkait apakah aman memasak dengan wajan besi cor di kompor kaca.

Kompor kaca atau kompor dengan lapisan kaca di bagian atasnya bisa berupa kompor gas maupun kompor listrik.

Namun demikian, ada kekhawatiran wajan besi cor akan merusak permukaan kaca kompor. Sebab, bisa saja wajan besi cor menyebabkan goresan, retakan, maupun noda.

Baca juga: Cara Menghilangkan Karat dari Panci Besi Cor, Pakai Cuka

Ilustrasi wajan besi cor, panci besi cor.SHUTTERSTOCK/ARINA P HABICH Ilustrasi wajan besi cor, panci besi cor.

Dilansir dari The Kitchn, Jumat (28/1/2022), berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait memasak dengan wajan besi cor di kompor kaca.

1. Jangan geser wajan besi cor di atas kompor

Tim dapur uji di Lodge Cast Iron, produsen peralatan masak besi cor tertua yang tersisa di AS, memasak dengan wajan besi cor pada kompor berlapis kaca setiap hari. Meskipun demikian, mereka masih merekomendasikan untuk berhati-hati.

“Seperti halnya peralatan masak berat lainnya, kami berhati-hati untuk tidak menjatuhkan atau menggesernya ke permukaan,” tulis mereka dalam utas di halaman Facebook.

Bersikaplah ekstra lembut dengan peralatan masak yang terkelupas atau tepinya kasar, meskipun wajan berukir atau wajan dengan desain di bagian bawah juga boleh digunakan di atas kompor kaca.

Baca juga: Penyebab Adanya Noda Hitam pada Wajan Besi Cor dan Cara Mengatasinya

2. Cuci wajan besi cor sebelum diletakkan di atas kompor kaca

Minyak dan residu lainnya di bagian bawah peralatan masak besi cor dapat menjadi karbon saat dipanaskan, meninggalkan bekas hitam di atas kompor kaca.

Untuk menghindari noda, segera angkat wajan besi cor setelah digunakan, dan cuci bersih bagian dalam dan luar wajan setiap kali selesai digunakan. Bersihkan juga kaca setelah setiap kali digunakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Kitchn
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.