Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompor Kotor? Ini Langkah Mudah Membersihkannya seperti Profesional

Kompas.com - 07/01/2022, 12:45 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika membersihkan dapur, ada saja benda-benda yang terlupakan untuk dibersihkan seperti kompor.

Dapur paling bersih pun akan terlihat kotor jika bagian atas kompor tertutup oleh sisa-sisa makanan dan kotoran. Selain itu, kotoran yang menumpuk juga akan mengurangi fungsionalitas kompor. 

Baca juga: Kompor dan Kulkas Harus Selalu Bersih Menurut Feng Shui, Mengapa?

Untuk itu, bagian atas kompor kaca atau stainless steel sebaiknya segera dibersihkan setiap kali setelah digunakan demi membuatnya bersih serta mengembalikan kilaunya. 

Nah, mengutip dari Real Estate, Jumat (7/1/2022), berikut langkah-langkah mudah  membersihkan kompor dan mengembalikan kilaunya seperti seorang profesional. 

Baca juga: Alasan Permukaan Kompor Kaca Lebih Banyak Berwarna Hitam

Ilustrasi membersihkan komporDok. Pexels/ Liliana Drew Ilustrasi membersihkan kompor
1. Pastikan bagian atas kompor dingin sebelum memulai membersihkannya. Dengan tisu kertas, seka permukaan atas kompor untuk menghilangkan kotoran dan cairan sebanyak mungkin.

2. Rendam tiga sampai empat kain lap bersih atau handuk dalam ember berisi air hangat yang dicampur dengan sabun pencuci piring

3. Saat kain basah kuyup, taburkan sedikit soda bicarb di atas kompor dan pastikan Anda menutupi semua permukaan dengan lapisan tebal. Berhati-hatilah agar produk tidak masuk ke elemen pemanas yang terangkat. 

Baca juga: Ini Manfaat Material Kaca pada Permukaan Kompor Kaca 

4.Keluarkan lap basah dari ember dan peras sampai setengah airnya keluar, tetapi lap masih dalam keadaan basah. Letakkan setiap lap di atas kompor untuk menutupi semua area.

Tekan perlahan handuk, biarkan cairan membentuk pasta dengan bicarb di bawahnya. Pastikan Anda menerapkan tekanan di sekitar elemen untuk benar-benar mengerjakan area tersebut.

5. Sekarang, biarkan sabun pencuci piring dan soda bicarb melakukan semuanya dan biarkan selama 15 menit. Jika kompor dalam kondisi buruk, pertimbangkan membiarkannya selama 30 menit. 

Baca juga: Cara Membersihkan Tungku Kompor yang Kotor

Ilustrasi kompor gas.SHUTTERSTOCK/PANDASTUDIO Ilustrasi kompor gas.
6. Lepaskan kain untuk melihat pasta putih tebal yang telah mengendurkan sisa-sisa makanan yang menempel. Ambil salah satu lap dan bersihkan gumpalan pasta tersebut dari sisi kanan atas kompor dengan pola 'S'. 

Cara ini mungkin perlu diulang beberapa kali sampai permukaan kompor benar-benar bersih. 

7. Dengan menggunakan sisi lembut spons, usap permukaan kompor agar bersih dari sisa kelembapan atau kotoran. 

Baca juga: Manfaat Minyak Kayu Putih, Hilangkan Noda hingga Bersihkan Kompor

8. Terakhir, poles permukaan kompor dengan kain mikrofiber untuk meningkatkan kilau. Untuk permukaan kompor stainless steel, oleskan sedikit cuka ke kain untuk mendapatkan hasil akhir yang mengkilap dan reflektif.

Dengan bagian atas kompor yang terlihat bersih dan berkilau tidak hanya membuat dapur bersih, tapi juga bisa mendorong untuk semangat memasak. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com