Kompas.com - 07/01/2022, 10:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Nyamuk adalah serangga yang kehadirannya mengganggu di rumah. Bukan tanpa alasan, sebab nyamuk dapat menyebarkan berbagai penyakit.

Dilansir dari Hunker, Jumat (7/1/2022), penelitian menunjukkan bahwa jahe (Zingiber officinale), terutama minyak yang diekstraksi, dapat mengusir spesies nyamuk tertentu.

Baik Anda menanam tanaman pengusir nyamuk atau memilih minyak esensial untuk digunakan sebagai semprotan pengusir nyamuk, Anda mungkin memperoleh hasil yang lebih baik dengan mencampur jahe dengan rempah-rempah beraroma kuat lainnya.

Baca juga: 5 Tanaman Terbaik untuk Membasmi Nyamuk di Rumah

Ilustrasi jahe. PIXABAY/PDPICS Ilustrasi jahe.

Minyak esensial jahe untuk mengusir nyamuk

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2018 di Annals of Parasitology mengklaim sebagai salah satu yang pertama untuk mengeksplorasi kemungkinan menggunakan jahe sebagai penolak terhadap spesies nyamuk Culex theileri Theobald, 1903.

Minyak esensial jahe ditemukan memiliki 45 persen bahan aktif insektisida dan 61 persen bahan aktif penolak.

Ini berarti minyak atsiri jahe, terutama dalam bentuk murni, dapat mengurangi jumlah nyamuk di sekitarnya, baik dengan membunuhnya atau sekadar mengusirnya.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Vector Ecology edisi Mei 2014 menyelidiki efek jahe dan beberapa herbal lain dalam mengusir nyamuk Aedes aegypti, yang juga dikenal sebagai nyamuk demam kuning.

Baca juga: Catat, 8 Hal yang Membuat Nyamuk Datang ke Rumah Anda

Tiga konsentrasi minyak esensial jahe dipelajari, yakni 2,5 persen, 5 persen dan 10 persen. Konsentrasi 5 persen menghasilkan aktivitas pembasmian nyamuk terbaik, dengan tingkat pengusiran 76,2 persen dan tingkat kematian 23,8 persen.

Tanaman herbal lain yang mampu pengusir nyamuk

Sebuah tema umum muncul ketika menyelidiki kegunaan jahe sebagai pengusir nyamuk. Jahe efektif mengusir nyamuk, tetapi tanaman lain bekerja lebih baik.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Hunker
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.