Kompas.com - 07/01/2022, 10:16 WIB
Ilustrasi tanaman lidah buaya. PIXABAY/JOANSHANNONIlustrasi tanaman lidah buaya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Lidah buaya atau Aloe vera merupakan tanaman yang sudah dikenal luas di masyarakat. Tanaman ini terkenal sangat mudah untuk ditanam.

Di samping itu, itu tanaman lidah buaya juga dikenal yang memiliki banyak manfaat dan khasiat. Cara menanam lidah buaya bisa dilakukan dengan menanam langsung pada lahan atau menggunakan polybag.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Jumat (7/1/2022), untuk menanam tanaman lidah buaya, Anda tidak perlu menyediakan lahan yang luas. Anda bisa menyiasatinya dengan cara menggunakan polybag atau pot sebagai pengganti lahan tanam. 

Baca juga: Cara Menanam Bibit Microgreen di Rumah

Berikut cara menanam lidah buaya dengan menggunakan polybag.

Ilustrasi tanaman lidah buaya di dalam pot.SHUTTERSTOCK/FOTYMA Ilustrasi tanaman lidah buaya di dalam pot.

1. Memilih media tanam

Untuk menanam lidah buaya, Anda bisa menggunakan media tanam pot atau polybag, sehingga bisa menanam tanaman ini pada lahan sempit. Untuk ukuran polybag, semakin besar ukuran polybag semakin bagus untuk pertumbuhan tanaman lidah buaya.

Akan tetapi, biasanya semakin besar ukuran polybag semakin mahal harganya. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan polybag dengan ukuran 20 cm.

Untuk isi media tanam bisa menggunakan media tanam yang terdiri dari campuran pasir, tanah dan pupuk kandang. Campurlah ketiga bahan tersebut dengan perbandingan 2 : 1 : 1.

Baca juga: Cara Menanam Cabai dengan Hidroponik, Tak Perlu Lahan Luas

2. Pembibitan dan penanaman

Anda bisa melakukan pembibitan tanaman lidah buaya dengan cara vegetatif. Caranya, ambil anakan yang masih melekat pada induk.

Cara mengambilnya bisa dilakukan dengan cara mencongkel dan memisahkan anak tanaman tersebut dari induknya. Ketika memisahkan bibit diambil sampai akarnya dan jangan sampai akarnya putus.

Tanaman tersebut kemudian ditanam pada media tanam pot atau polybag.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.