Kompas.com - 08/12/2021, 22:07 WIB
Ilustrasi kompor gas. SHUTTERSTOCK/PANDASTUDIOIlustrasi kompor gas.

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini, lapisan permukaan sebuah kompor sudah dilapisi beragam material, salah satunya kaca.

Permukaan kompor yang dilapisi material kaca biasanya disebut kompor kaca dan sudah banyak dijual di pasaran. 

Baca juga: Hindari 5 Hal Ini agar Lapisan Tempered Glass Kompor Gas Tahan Lama

Namun, penggunaan material kaca pada kompor kaca dianggap banyak orang sangat riskan lantaran kaca mudah pecah.

Lantas, apa manfaat penggunaan material kaca pada kompor? Apakah itu aman digunakan?

Andy Gusena, Brand Director Niko Indonesia–produsen home appliance dan rajanya kompor asal Indonesia– mengatakan manfaat utama penggunaan material kaca pada lapisan permukaan kompor kaca adalah membuat tampilan kompor jauh lebih mewah dan elegan. 

Baca juga: Cara Membersihkan Tungku Kompor yang Kotor

Soal keamanan dan ketahanannya, Andy mengatakan material kaca yang digunakan pada kompor kaca umumnya adalah kaca tempered atau tempered glass.

Kaca tempered sendiri memiliki daya tahan yang jauh lebih kuat dibanding kaca biasa. Dengan begitu, penggunaan kaca tempered pada kompor kaca tidak memiliki risiko pecah atau retak jika dirawat dan digunakan dengan benar.

Selain membuat tampilan mewah dan elegan, Dhika Santika, Head of Marketing Digital Niko Elektronik Indonesia, mengatakan, lapisan kaca tempered memudahkan pembersihan berbagai paparan noda saat memasak. 

Baca juga: Manfaat Minyak Kayu Putih, Hilangkan Noda hingga Bersihkan Kompor

"Selain itu, material kaca tempered pada kompor kaca juga tahan terhadap suhu panas dan goresan sehingga tampilan kompor kaca akan tetap menarik," kata Dhika dalam launching Niko Reflection Black Series di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (8/12/2021).

Lebih lanjut, Dhika mengatakan kompor kaca umumnya memiliki tampilan yang lebih bergaya. Hal itu dianggap penting dan dapat membuat mood seseorang ketika memasak menjadi lebih menyenangkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.