Kompas.com - 07/01/2022, 12:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Menikmati secangkir kopi pada pagi hari merupakan cara terbaik memulai hari bagi sebagian orang.

Selama proses pembuatannya, wangi kopi yang sedang diolah ini akan memenuhi ruangan dapur—membuat tidak sabar untuk segera menengguknya. 

Baca juga: Kopi hingga Kulit Pisang, 6 Pupuk Alami untuk Tanaman Hias Indoor

Membuat kopi menjadi hal menyenangkan, tapi membersihkan mesin kopi bisa membuat lelah dan tidak menyenangkan. 

Melansir My Domaine, Jumat (7/1/2022), mesin pembuat kopi bisa menjadi salah satu tempat paling banyak dihuni bakteri jika tidak segera dibersihkan.

Ilustrasi mesin kopi.UNSPLASH / earlybird coffee Ilustrasi mesin kopi.

Mesin kopi merupakan tempat yang panas dan lembap sehingga membuatnya menjadi tempat sempurna bagi kuman dan jamur tumbuh serta berkembang, bahkan jamur dan kuman bisa masuk ke kopi yang diseduh.

Lebih lanjut, deposit kalsium dari air dapat menumpuk pada mesin pembuat kopi sehingga membuatnya sulit menyeduh secangkir kopi. 

Baca juga: Cara Membersihkan Mesin Pembuat Kopi

Kapan mesin pembuat kopi harus dibersihkan?

Idealnya, mesin pembuat kopi harus dibersihkan secara mendalam setiap bulan. Sementara, untuk carafe (teko meisn kopi), kamu perlu membersihkannya setiap selesai menyeduh.

Pembersihan bulanan memastikan elemen pemanas mesin terbebas dari kotoran dan penumpukan. Dengan demikian, air bisa menjadi cukup panas untuk menyeduh kopi dengan benar. 

Membersihkan carafe setiap hari juga mencegah kopi menodai kaca atau aluminiumnya dan menghilangkan sisa kopi yang dapat mencemari rasa kopi berikutnya.

Area yang menampung ampas kopi juga perlu dibersihkan setiap selesai menyeduh. Menghilangkan residu kopi dan menjaganya tetap bersih merupakan ide baik untuk mendapatkan minuman yang lezat.

Baca juga: 10 Tanaman Hias yang Bisa Diberi Bubuk Kopi untuk Tumbuh Subur

Ilustrasi mesin kopi.UNSPLASH / Patrick Langwallner Ilustrasi mesin kopi.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber My Domaine
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.