Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/04/2022, 14:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Juicer menjadi salah satu peralatan elektronik rumah tangga yang saat ini banyak digunakan. Beberapa orang memilih beralih dari blender ke juicer lantaran lebih praktis dan efektif. 

Juicer berfungsi mengekstrak nutrisi dari buah dan sayuran untuk membuat minuman yang menyehatkan. Namun, salah satu keluhan paling umum dari juicer adalah sulit dibersihkan. 

Baca juga: Perhatikan, Begini Cara Mencuci Juicer yang Benar

Pasalnya, sisa potongan buah dan sayuran dapat tersangkut di dalam komponen juicer sehingga sulit membersihkannya. Namun, tak perlu khawatir, ada banyak cara mudah membersihkan juicer. 

Dikutip dari Homes and Gardens, Selasa (19/4/2022), berikut cara mudah membersihkan juicer. 

Baca juga: Perhatikan, Begini Cara Mencuci Juicer yang Benar

Membersihkan juicer secara teratur 

Ilustrasi juicer. SHUTTERSTOCK/ABO PHOTOGRAPHY Ilustrasi juicer.
Penting untuk membersihkan juicer setelah setiap kali penggunaan. Sebab, juicer dapat membuat potongan buah dan sayur terperangkap di dalam ruang jus.

Jika tidak segera dibersihkan, hal itu dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri dan jamur. Bahkan penumpukan ampas dalam jangka panjang dapat membuat juicer berhenti berfungsi sepenuhnya. 

Jadi, mengetahui cara membersihkan juicer setelah setiap kali digunakan adalah tips terbaik  membuatnya tetap berfungsi sebagaimana mestinya.

Tentu saja, selama mencegah penumpukan, Anda tidak perlu melakukan pembersihan mendalam pada juicer setelah setiap kali digunakan.  

Baca juga: 6 Penyebab Blender Tidak Berfungsi dan Cara Mengatasinya

Bertindak cepat saat membersihkan juicer 

Setelah setiap kali digunakan, cabut steker juicer dan lepaskan semua bagian penting. Anda harus bertindak cepat untuk membersihkan juicer setelah selesai menggunakannya. Bersihkan ampas dan penumpukan sebelum mengering.

Banyak juicer yang telah dilengkapi sikat untuk menghilangkan serat dari cakram sentrifugal atau mekanisme pengepresan dingin.

Jika tidak memiliki sikat khusus, gunakan sikat gigi biasa. Bersihkan juicer dengan menggosoknya secara lembut, kemudian membilasnya di bawah air mengalir untuk  menghilangkan sebagian besar penumpukan. 

Baca juga: Trik Menajamkan Pisau Blender yang Tumpul dengan Cangkang Telur

Bilas semua bagian 

Ilustrasi juicer.FREEPIK/BUBLIKHOUSE Ilustrasi juicer.
Beberapa bagian juicer dapat dicuci menggunakan mesin pencuci piring. Namun, bagian ini harus dibersihkan atau dibilas dengan tangan terlebih dahulu untuk memungkikan residu mengering ke mekanisme, yang membuatnya jauh lebih mudah dibersihkan secara menyeluruh.

Cukup membilas bagian-bagian ini di bawah air mengalir guna menghilangkan sisa jus dan ampas, yang berarti lebih sedikit pekerjaan yang harus dilakukan mesin pencuci piring.  

Baca juga: Catat, 3 Kesalahan Umum dalam Penggunaan Blender

Bersihkan dasar juicer

Dasar juicer tidak dapat terendam air, tetapi masih perlu dibersihkan untuk mencegah terbentuknya residu lengket serta membuat mesin tampak segar dan baru.

Untuk membersihkan alasnya, ambil kain lembap (tidak basah) serta seka ke bagian luar dan di sekitar mekanisme yang terhubung ke sambungan jus.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com