Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Ide Memaksimalkan Tata Letak di Apartemen Studio agar Tampak Besar

Kompas.com - 17/04/2022, 07:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekorasi apartemen studio bisa sangat sulit dilakukan lantaran keterbatasan lahan dan sudut sempit yang membutuhkan perencanaan cerdas.

Menemukan ruang untuk furnitur, pakaian, penyimpanan, dan banyak hal lainnya bisa sangat melelahkan. 

Baca juga: 6 Cara Mudah Memaksimalkan Ruang di Apartemen Studio

Namun, berkat peretasan dekorasi yang ramah serta trik penyimpanan sederhana yang memaksimalkan ruang, mendekorasi apartemen studio sebetulnya tidaklah sulit. 

Dilansir dari Better Homes and Gardens, Minggu (17/4/2022), berikut sejumlah ide memaksimalkan tata letak di apartemen studio. 

Tambahkan bangku pintu masuk

Apartemen studio terkenal memiliki area pintu masuk yang canggung atau tidak ada sama sekali. Menambahkan bangku kecil menyediakan tempat untuk meletakkan sepatu.

Tempatkan beberapa keranjang di bawahnya untuk menyimpan alas kaki atau aksesori dan gantung pengait di atas untuk jaket.

Kemudian, letakkan karpet di pintu masuk apartemen untuk menciptakan lingkungan yang ramah dan nyaman. 

Baca juga: 10 Tanaman Hias yang Cocok Jadi Dekorasi Apartemen

Gunakan wallpaper yang dapat dilepas

Jika menyewa apartemen, Anda mungkin tidak dapat mengecat dinding. Beralihlah menggunakan wallpaper yang dapat dilepas untuk membawa beberapa personalisasi ke apartemen sambil menghindari kerusakan pada dinding.

Ada begitu banyak pola dan cetakan cantik yang bisa dipilih. Cobalah memilih cetakan pernyataan dengan desain grafis atau pola minimalis seperti motif bunga halus, untuk pembaruan yang halus. 

Baca juga: 5 Ide Mendesain Kamar Mandi Apartemen Studio

Tinggikan tempat tidur 

Manfaatkan ruang di apartemen studio dengan meninggikan tempat tidur guna membebaskan satu ruang lantai untuk penyimpanan.

Tambahkan tangga dan letakkan meja atau meja makan kecil di bawahnya untuk menciptakan ruang kerja atau area lounge untuk para tamu.

Solusi ruang kecil ini sangat membantu tata letak apartemen studio, yang memerlukan menata zona terpisah dalam satu ruangan

Baca juga: 6 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Tinggal di Apartemen

Gunakan stiker sementara

Jika wallpaper sementara tampak seperti pekerjaan sulit, pilihlah stiker yang dapat dilepas. Ubah ruang kecil dengan menambahkan stiker vinil yang memberikan sentuhan akhir pada kamar tidur atau ruang tamu

Coba potong vinil menjadi bentuk berbeda untuk desain yang unik atau tambahkan karya seni dengan stiker untuk hasil akhir yang ramah penyewa. 

Tampilan seni bebas kerusakan

Ingin menggantung karya seni, tetapi juga menghindari menambahkan terlalu banyak lubang ke dinding? Alih-alih menggantung setiap bagian, coba gantung rak apung dan atur karya seni di atasnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com