Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Menyalakan Lilin Aromaterapi di Rumah, Bisa Tingkatkan Mood

Kompas.com - 15/04/2022, 20:21 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu cara untuk menghilangkan bau tidak sedap dan membuat rumah wangi adalah menggunakan lilin aromaterapi. 

Mereka dapat ditemukan di mana saja dengan harga yang terjangkau. Cara penggunaannya pun cukup mudah karena hanya tinggal ditaruh di wadah dan posisi yang aman, lalu dinyalakan dengan pemantik.

Baca juga: Tips Memaksimalkan Wangi dari Lilin Aromaterapi

Selain itu, kini lilin aroma tidak hanya berbentuk tegak lurus seperti lilin pada umumnya. Wanginya pun cukup beragam, mulai dari lavender, kopi, hingga jeruk.

Dikutip dari Travel and Leisure, Jumat (15/4/2022), lilin aroma ternyata tidak hanya bermanfaat untuk membuat ruangan menjadi wangi.

Ilustrasi lilin, lilin aromaterapi. FREEPIK/JCOMP Ilustrasi lilin, lilin aromaterapi.

Clinical Integrative Psychotherapist terakreditasi sekaligus Cognitive Behavioral Therapist, Chryssa Chalkia, mengungkapkan bahwa lilin aroma memiliki peran penting dalam efek fisiologis manusia.

Lilin aroma terbukti secara ilmiah dapat memainkan peran penting dalam efek fisiologis suasana hati, stres, kapasitas kerja, dan kesehatan mental secara keseluruhan,” jelasnya.

Baca juga: 4 Trik Menyalakan Lilin Aromaterapi agar Tahan Lama

Lilin aroma bisa meningkatkan suasana hati

Chryssa menuturkan, efek menenangkan yang dimiliki lilin didasarkan pada bagaimana otak memproses bau.

Wangi dari lilin aroma merangsang sistem limbik manusia, yang mana sistem ini adalah bagian otak yang menampung ingatan dan emosi manusia.

“Hormon seperti serotonin dan dopamin dapat diproduksi untuk membantu mengatur suasana hati. Jadi, keadaan emosi kita dipengaruhi oleh hubungan yang terjalin antara aroma, ingatan, dan emosi,” ujar Chryssa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com