Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/03/2021, 08:42 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lilin memainkan peran bagi kehidupan setiap orang, mulai dari ulang tahun, makan malam romantis, festival perayaan atau hanya untuk menerangi ruangan ketika listrik mati.

Apabila kamu kerap menyalakan lilin sebagai penerangan atau sebagainya, kamu pasti ingin lilin yang dinyalakan bisa bertahan lebih lama, mengingat cahaya kuning dari nyala api lilin yang berkedip-kedip itu tidak murah.

Untuk membuat lilin yang kamu nyalakan menyala lebih lambat sehingga kamu dapat menikmatinya dalam jangka waktu yang lebih lama, cobalah salah satu atau semua metode yang akan dijelaskan di bawah ini.

Baca juga: 10 Alasan Perlu Menyalakan Lilin di Rumah

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (26/3/2021), berikut ini beberapa cara untuk membuat lilin menyala jauh lebih lama dari biasanya.

1. Bekukan lilin di freezer

Dengan membekukan lilin di freezer, kamu telah mengeraskan lilin, yang membuatnya meleleh lebih lambat sehingga bertahan lebih lama.

Semakin tipis lilinnya, semakin sedikit waktu yang dibutuhkan untuk dibekukan di dalam freezer. Sementara lilin pilar yang tebal mungkin membutuhkan 6 atau 8 jam untuk membeku.

Tidak ada bahaya apa pun ketika kamu meletakkan lilin di dalam freezer. Jadi, jika ada cukup ruang, maka kamu bisa menyimpan stok lilin milikmu di freezer sebelum digunakan.

Baca juga: Ingin Tidur Nyenyak? 8 Jenis Lilin Aromaterapi Ini Bisa Membantu

2. Taburkan garam ke dalam cairan lilin

Setelah membiarkan lilin menyala cukup lama sehingga kumpulan lilin berkumpul di sekitar sumbu, lanjutkan dan tiup apinya.

Kemudian, bertindak cepat, lanjutkan untuk menaburkan garam meja ke dalam lilin cair. Jika perlu, gunakan tusuk gigi untuk memastikan garam benar-benar tercampur ke dalam lilin dan tidak hanya menempel di permukaan.

Menambahkan garam memiliki tujuan yang sama seperti memasukkan lilin ke dalam freezer, ini memperlambat laju lilin meleleh, memberimu pembakaran yang lebih lama dan lebih ekonomis.

Saat kamu menggunakan garam sebagai tambahan metode pembekuan, kamu melakukan semua yang bisa dilakukan untuk memeras waktu ekstra dari lilin.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com