Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/03/2021, 19:38 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Roohome

JAKARTA, KOMPAS.com — Air yang datang saat hujan, atau adanya kebocoran pipa air bisa menimbulkan kerusakan pada rumah.

Kerusakan yang terjadi akan menimbulkan beban finansial dan pemulihan yang sangat besar karena kamu tentu harus melakukan perbaikan.

Membersihkan kekacauan yang disebabkan oleh pipa yang pecah, pemanas air yang bocor, atau lubang di atap rumah selalu memakan biaya dan waktu. Tetapi ada sejumlah cara untuk meminimalkan masalah ini, atau justru menghilangkannya sama sekali.

Baca juga: Mengenal Bau Freon Bocor dan Bahayanya bagi Kesehatan

Perawatan dan pengecekan yang rutin perlu dilakukan agar terhindar dari ancaman kerusakan karena air.

Berikut adalah empat tips melindungi rumah dari kerusakan karena air seperti dilansir dari Roohome, Rabu (24/3/2021).

1. Pastikan untuk merawat atap

Salah satu pintu masuk utama air ke dalam rumah adalah melalui atap. Untuk itu, atap rumah perlu dilakukan perawatan dan pengecekan secara rutin. Area ini penting dipelihara terutama menjelang musim penghujan.

Kebocoran air sederhana dapat dengan mudah berkembang menjadi risiko besar karena semakin banyak air yang merembes ke bawah melalui atap yang bocor dan masuk ke balok silang, dinding, dan fondasi itu sendiri.

Baca juga: Atap Rumah Bocor Saat Hujan, Apa yang Harus Dilakukan?

Untuk itu kamu harus membersihkan selokan setahun sekali, mencatat tempat-tempat yang mungkin akan aus karena air, dan mengganti atap lama setiap 20 hingga 25 tahun dapat meminimalkan kebocoran pada langit-langit, atau mencegah kebocoran.

2. Perhatikan kabel listrik

Sakelar listrik apa pun yang ada di kabel listrik harus selalu diisolasi dengan segel sakelar. Switch-saver sederhana ini melindungi peralatan listrik dari kerusakan air dengan menambahkan segel karet di atas komponen yang rentan.

Jauh lebih murah untuk mengisolasi peralatan daripada harus mengganti semua setelah aus karena kontak terus-menerus dengan kelembapan di udara atau kebocoran yang besar.

Selain itu, dengan menggunakan pelindung sederhana ini berarti kamu tidak perlu mengeluarkan uang ekstra untuk memperbaiki listrik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com