Kompas.com - 26/03/2021, 08:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkah Anda melihat kucing sedang menjilati tubuhnya sendiri? Hal ini merupakan ritual yang dilakukan kucing untuk membersihkan tubuhnya dari berbagai kotoran yang menempel.

Dilansir dari Reader's Digest, Jumat (26/3/2021), hal tersebut menjadikan kucing hewan bersih. Papila atau bintil yang ada di lidah kucing menjadi alat pembantu untuk kegiatan membersihkannya diri ini.

Namun, ternyata selain membersihkan diri, kegiatan menjilati tubuh ini, memiliki manfaat lain bagi para kucing ini. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini. 

Baca juga: Mengapa Kucing Sering Menjilati Tubuhnya? Ini Penjelasannya

1. Untuk melindungi diri dari predator

Kucing secara naluriah membersihkan makanan dan agen penyebab bau lainnya sehingga tidak terdeteksi oleh hewan yang berpotensi mengancam.

2. Untuk mendinginkan diri

Kucing sedikit berkeringat dari kakinya, tetapi mereka kebanyakan mengandalkan penguapan air liur di bulunya untuk menjaga suhu tubuh normal. Menjilati tubuh dapat mengontrol sekitar sepertiga dari proses pendinginan kucing.

3. Untuk perawatan dan kehangatan bulu

Dengan menjilati dirinya sendiri, kucing membantu mendistribusikan minyak alami secara merata di sekitar bulunya. Minyak ini melindungi bulu kucing dari kelembaban dan menyegel panas.

4. Untuk menjaga luka tetap bersih

Air liur kucing diduga mengandung enzim yang mengubahnya menjadi antibiotik alami. Jika kucing Anda menjilati luka, itu mungkin untuk mencegah infeksi. Selalu temui dokter hewan Anda jika kucing Anda mengalami cedera.

Baca juga: Kenapa Kucing Selalu Tidur Dekat Kita? Ternyata Ini 4 Alasannya


5. Untuk merangsang aliran darah

Mirip dengan cara sisir rambut yang dapat meningkatkan aliran darah di kulit kepala, lidah kucing yang memiliki papila dapat meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuhnya.

6. Tanda persahabatan

Terkadang kucing terlihat saling menjilati satu sama lain, hal ini merupakan tanda kasih sayang antar kucing.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.