Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Menata Teras dan Pekarangan Rumah Sesuai dengan Feng Shui

Kompas.com - 16/03/2022, 13:47 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Teras dan taman juga termasuk ke dalam area penting menurut ilmu Feng Shui. Hal ini karena kedua tempat tersebut berpengaruh pada keberuntungan serta kebahagiaan bagi seluruh penghuni rumah.

Oleh karena itu, kamu perlu mengaturnya dengan baik agar energi positif di area teras dan taman meningkat. Sehingga bisa berpengaruh positif bagi kamu dan keluarga.

Nah, di bawah ini ada lima aturan menata teras dan taman menurut Feng Shui yang dilansir dari Vogue, Rabu (16/3/2022).

Baca juga: 5 Tips agar Privasi di Teras Rooftop Terjaga dan Nyaman

Merapikan taman dan buat ruang terbuka di teras

Memiliki taman yang kotor dan tak terurus bisa membuat energi Chi terhambat. Agar energi alam yang positif tersalurkan dengan lancar, kamu perlu rajin merapikan taman.

Jangan biarkan ada bunga-bunga yang layu di taman. Kamu juga perlu merapikan furnitur yang tak berguna di taman dan teras.

Hal tersebut tentu demi membuat taman lebih rapi. Selain itu, bisa lebih banyak membuat area terbuka pada taman dan teras. Sehingga energi positif bisa mengalir dengan lancar.

Baca juga: Cara Merawat dan Membersihkan Furnitur Teras Rumah agar Bebas Debu

Menaruh alat barbekyu di selatan dan perlengkapan air di utara

Elemen seperti api, air, tanah, logam dan kayu juga sangat diperhatikan dalam ilmu Feng Shui. Bahkan ada aturannya tersendiri dalam menaruh simbol dari kelima unsur tersebut.

Bila kamu punya alat barbekyu yang melambangkan elemen api, kamu perlu menaruhnya di selatan. Alasannya karena api memiliki arti kemakmuran dan terkait dengan dinamisme sehingga tempat yang paling tepat ada di sebelah selatan.

Berbeda dengan alat barbekyu, dekorasi yang berkaitan dengan air seperti air mancur, harus diletakkan di arah utara. Penggunaan air mancur di area taman ini juga berguna untuk menjernihkan pikiran yang stres akibat hiruk pikuk kota metropolitan.

Baca juga: 4 Hal Ini Tidak Boleh Berada di Dalam Rumah Menurut Feng Shui

Mengisi taman dengan bunga dan tanaman

Menanam sayur dan buah di pekarangan rumahUnsplash/ Elaine Casap Menanam sayur dan buah di pekarangan rumah

Taman yang memiliki banyak tanaman dan bunga selain terlihat cantik, juga bisa memberikan sensasi sejuk pada teras. Sementara menurut Feng Shui, tanaman yang berelemen kayu ini menyimbolkan karunia dan kesehatan.

Ilmu Feng Shui bahkan juga memperhatikan tata letak bunga bunga dan tanaman di taman. Sedikit contoh, seperti bunga-bunga berwarna oranye yang harus ditempatkan di selatan.

Sedangkan bunga hitam di utara. Lalu bunga warna putih di barat. Untuk bunga yang ditaruh di arah timur, kamu bisa menempatkan bunga yang berwarna pink, krem, dan kuning muda.

Baca juga: 5 Area di Rumah yang Harus Tetap Bersih Menurut Feng Shui

Memilih meja bundar untuk teras

Agar membuat taman dan teras memiliki energi positif, kamu disarankan untuk memilih meja dengan sisi bundar untuk diletakkan di teras. Hal ini karena sisi bulat tampak lebih lembut, sehingga bisa membawa ketenangan.

Sementara bila menggunakan meja persegi, bagian sisi-sisi tajamnya akan membuat rasa tidak nyaman. Sebab terlihat memiliki sisi yang tajam dan kurang aman.

Baca juga: 6 Tips Feng Shui untuk Menyegarkan Area Dapur

Menggunakan furnitur berbahan logam

Keseimbangan adalah hal yang penting bagi ilmu Feng Shui. Oleh karena itu, kamu juga perlu menyeimbangkan elemen yang ada di area taman.

Contohnya dengan menggunakan furnitur berbahan logam. Hal ini tentu saja karena di area taman dan teras jauh lebih banyak perabotan yang terbuat dari kayu. Belum lagi bunga-bunga yang kamu tanam juga termasuk ke dalam unsur kayu.

Kamu bisa menggunakan lonceng angin dari logam dan meletakkannya di arah barat laut atau barat. Penempatan tersebut bertujuan untuk kekuatan masa depan yang bisa meningkatkan kreativitas dan ambisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com