Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/03/2022, 11:35 WIB
Abdul Haris Maulana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika memelihara kucing, kamu mungkin jarang memerhatikan teman berbulumu itu minum air ketimbang makan makanan favoritnya.

Padahal, air sangat penting untuk kesehatan kucingmu, sehingga kamu perlu memastikan mereka mendapat cukup air setiap hari.

Namun, jika kamu merasa kesulitan untuk bisa membuat kucingmu mau minum air, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan.

Baca juga: Kapan Harus Steril Kucing Betina Setelah Melahirkan?

Dilansir dari The List, Rabu (16/3/2022), pada artikel ini akan dijelaskan mengenai beragam cara agar kucing mau minum air lebih banyak.

Alasan kucing suka menjilat lantai atau permukaan lainnya juga mungkin karena kurang nutrisi, seperti vitamin dan mineral, dari makanan.UNSPLASH/VIVEK DOSHI Alasan kucing suka menjilat lantai atau permukaan lainnya juga mungkin karena kurang nutrisi, seperti vitamin dan mineral, dari makanan.
Kenapa kucing harus minum air?

Sebagai spesies di alam liar, sebagian besar kucing mendapatkan air yang mereka butuhkan dari menangkap dan memakan mangsanya.

Tapi, untuk kucing rumahan, mereka perlu mengonsumsi air untuk menjaga sistem tubuhnya tetap sehat dan terhindar dari dehidrasi.

Faktanya, menurut Cornell University College of Veterinary Medicine, dehidrasi bahkan dapat menyerupai penyakit ginjal pada kucing.

Sama seperti pada manusia, minum cukup air memiliki manfaat kesehatan bagi kucing, mulai dari menjaga pencernaan berjalan dengan baik hingga membantu menyerap nutrisi.

Baca juga: 4 Cara Membuat Kucing Lahap Makan

Selain itu, jika kucing memiliki masalah kencing atau masalah dengan ginjal atau kandung kemihnya, mereka perlu mengonsumsi lebih banyak air daripada biasanya.

Hal itu pada akhirnya akan membantu mengeluarkan bakteri dan membantu mengurangi peradangan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com