Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/03/2022, 08:21 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Feng shui adalah filosofi kuno Tiongkok yang menekankan keseimbangan antara Anda dan lingkungan untuk menciptakan energi positif. Akan tetapi, feng shui juga seringkali bersifat perbaikan terkait tata letak rumah yang sudah ada.

Dikutip dari The Spruce, Selasa (8/3/2022), feng shui pun memiliki pandangan terkait lokasi dapur yang mendatangkan energi positif. Ada beberapa lokasi dapur ideal dan tidak ideal menurut feng shui yang dapat menjadi panduan Anda.

Berikut penjelasan mengenai lokasi dapur ideal dan buruk menurut feng shui.

Baca juga: 7 Hal yang Jangan Dilakukan Saat Membersihkan Dapur

Ilustrasi memasak.UNSPLASH/JASON BRISCOE Ilustrasi memasak.

1. Posisi komando

Terkait feng shui dapur, salah satu hal yang paling sederhana dan paling penting untuk dilakukan, di mana pun dapur berada, adalah meletakkan kompor pada posisi komando atau command position.

Ini berarti Anda dapat melihat pintu masuk utama ke dapur saat memasak.

Menurut feng shui, kompor adalah tentang sumber daya dan adalah pusat kekayaan di rumah. Meletakkan kompor dengan cara yang mendukung dapat berarti Anda memiliki lebih banyak peluang dan sumber daya yang mengalir ke arah Anda.

Juga, saat memasak, Anda perlu merasa nyaman. Mampu melihat apa yang datang pada Anda saat menyiapkan makanan membawa rasa tenang.

Baca juga: 5 Tren Warna Dapur Terbaik Menurut Desainer Interior

Pikiran sadar Anda biasanya tidak menyadari efek ini, tetapi ini penting. Energi Anda, yang dikenal sebagai qi, saat menyiapkan makanan mempengaruhi kualitas makanan itu sendiri.

Jika Anda tidak dapat melihat pintu masuk utama ke dapur saat berada di dekat kompor, jangan khawatir. Anda dapat meletakkan kompor pada posisi komando tanpa memindahkannya dengan menggunakan cermin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com