Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/03/2022, 07:13 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing telah menjadi teman manusia untuk berburu sejak masa lampau, bahkan sebelum anjing dijadikan hewan peliharaan secara luas.

Dilansir dari The Spruce, Selasa (8/3/2022), perburuan kemungkinan besar merupakan bagian integral dari perkembangan setiap spesies, terutama karena itu diperlukan bagi masing-masing untuk bertahan hidup.

Ada beberapa keterampilan penting yang harus dimiliki anjing agar pandai berburu, antara lain dorongan mangsa yang kuat, penerimaan terhadap pelatihan, daya tahan, dan atletis.

Baca juga: Mudah, Ini 3 Cara Membersihkan Bulu Anjing Peliharaan pada Lantai Kayu

Karakteristik anjing pemburu terbaik

Secara umum, anjing pemburu yang paling umum adalah anjing pengendus atau anjing pistol. Apa yang Anda rencanakan untuk diburu harus menentukan jenis anjing yang Anda dapatkan.

Anjing pistol

Sering disebut anjing burung karena itu adalah mangsa utama mereka, anjing ini juga terkadang berburu hewan yang lebih kecil, seperti kelinci.

Seekor anjing pistol digunakan untuk mencari mangsa dan menyiramnya agar pemburu dapat menembak. Anjing biasanya mengambil tambang untuk pemburu.

Anjing pengendus

Anjing ini mengikuti jejak mangsa dengan hidungnya, membuat banyak suara saat mengejarnya. Panggilan anjing memungkinkan pemburu untuk mengikuti jejak bahkan ketika anjing tidak terlihat.

Baca juga: Seberapa Sering Anjing Peliharaan Perlu Dimandikan?

Beberapa anjing pengendus fokus mengejar mangsa. Yang lain adalah anjing yang mengejar mangsanya ke atas pohon dan menunggu sampai pemburu tiba.

Sementara naluri dan pelatihan adalah kunci untuk membuat anjing pemburu yang baik, hubungan pribadi dengan anjing bisa sama pentingnya. Semakin dekat ikatan Anda dengan anjing Anda, semakin baik ia menjadi anjing pemburu.

Berikut beberapa ras anjing pemburu terbaik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com