Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/03/2022, 14:40 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing terkadang mengalami muntah dan apa yang dimuntahkan pun beragam seperti air, makanan, hingga cairan berwarna kucing.

Muntah merupakan kondisi yang biasa dialami kucing. Biasanya, hal itu disebabkan masalah sederhana seperti tertelan bola rambut atau bulu. 

Baca juga: 3 Alasan Mengapa Kucing Kampung Berekor Bengkok atau Pendek

Namun, kucing peliharaan yang sering muntah bisa menandakan adanya masalah serius.  Ada banyak kondisi dan hal yang menjadi penyebab kucing sering muntah.

Mulai dari, tanda gangguan kesehatan, kucing peliharaan memakan zat beracun, hingga menderita penyakit serius. Untuk itu, segera menemui dokter hewan bila mendapati kucing peliharaan sering muntah 

Selain itu, kunci memperbaiki masalah ini adalah mengidentifikasi penyebabnya. Dikutip dari The Spruce Pets, Selasa (15/3/2022), berikut sederet penyebab kucing sering muntah. 

Baca juga: Scabies dan Jamur pada Kucing Berbeda, Kenali Keduanya

 

Makan terlalu cepat

Ilustrasi kucing muntah. SHUTTERSTOCK/THAMKC Ilustrasi kucing muntah.
Salah satu kemungkinan penyebab kucing sering muntah yang tidak berbahaya adalah makan terlalu banyak dan terlalu cepat.

Hal ini bisa terjadi pada kucing sehat mana pun. Anda akan melihat kucing peliharaan muntah makanan yang hampir tidak tercerna atau tidak tercerna segera setelah makan. 

Baca juga: 6 Tips Melatih Anak Kucing agar Buang Kotoran di Kotak Pasir

Alergi makanan

Alergen makanan yang paling umum pada kucing adalah daging sapi, ikan, dan ayam. Bahan-bahan makanan lain juga dapat menyebabkan alergi. Alergi makanan ini bisa membuat kucing sering muntah.

Untuk mengatasinya, cobalah menerapkan diet khusus pada kucing dengan memberikannya makanan yang mengandung bahan-bahan yang belum pernah dimakan sahabat bulu sebelumnya. 

Baca juga: 6 Alasan Kucing Peliharaan Suka Menjilati Pemiliknya 

Penyakit radang usus kucing 

Ilustrasi kucing - Kucing Anggora.UNSPLASH / Chelaxy Designs Ilustrasi kucing - Kucing Anggora.
Penyakit radang usus pada kucing adalah penyebab lain kucing sering muntah. Biasanya, ini disertai dengan diare dan penurunan berat badan.

Penyakit ini dapat terjadi di mana saja di saluran usus kucing, termasuk perut (gastritis), usus kecil (enteritis), atau usus besar (kolitis).

Pankreatitis

Pankreatitis adalah peradangan pankreas, yang merupakan bagian dari sistem endokrin dan pencernaan. Ini bisa membuat kucing sering muntah. 

Kucing yang mengalami penyakit pankreatitis sering menunjukkan gejala muntah, lesu, diare, demam, dan keengganan untuk minum air atau makan. 

Baca juga: 7 Hal yang Menyebabkan Induk Kucing Memakan Anaknya Sendiri

Penyakit ginjal kronis

Penyakit ginjal kronis (CKD) sering terjadi pada kucing yang lebih tua. Ginjal menyaring limbah dari darah. Ginjal menyeimbangkan nutrisi dan berperan dalam mengendalikan tekanan darah.

Tanda-tanda kucing mengalami CKD, di antaranya kucing muntah, lesu, diare, penurunan berat badan, dan peningkatan konsumsi air.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com