Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Jenis Lampu yang Biasa Digunakan Setiap Ruangan di Rumah

Kompas.com - 14/02/2022, 08:21 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Decortips

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilihan lampu untuk ruangan di dalam rumah menjadi hal penting karena pencahayaan yang tepat akan memberikan nuansa nyaman pada ruangan. 

Ada beberapa pilihan lampu yang bisa diaplikasikan di dalam ruangan, dari lampu lantai, lampu tugas, lampu hias, hingga lampu gantung. 

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Lampu di Dalam Ruangan

Dilansir dari Decor Tips, Senin (14/2/2022), lampu memberikan jenis cahaya tertentu pada ruangan, tergantung pada ukurannya, di mana lampu memproyeksikan cahaya, dan dengan cara apa.

Karena itu, penting mempertimbangkan ketiga aspek ini saat memilih lampu untuk ruangan. Berikut beberapa pilihan lampu yang bisa diaplikasikan di dalam ruangan.  

Baca juga: Mengapa Lampu Berkedip? Ternyata ini Penyebabnya 

Lampu lantai

Ilustrasi ruang tamu dengan dekorasi warm minimalis, Ilustrasi lampu lantai di ruang tamuSHUTTERSTOCK/Marina_D Ilustrasi ruang tamu dengan dekorasi warm minimalis, Ilustrasi lampu lantai di ruang tamu
Lampu dengan kap lampu perkamen atau kain memberikan cahaya hangat dan ideal untuk menciptakan pencahayaan sekitar di ruang tamu.

Untuk mendapatkan cahaya yang lembut dan menyelimuti, disarankan memilih lampu dengan naungan tembus pandang yang memiliki pintu keluar dari atas dan bawah.

Model lantai dengan lampu halogen dapat memberikan tiga jenis cahaya. Pertama, jika sinar diarahkan ke plafon, mereka memberikan cahaya umum.

Keduan, jika menggabungkan pengatur intensitas, lampu ini memberikan cahaya sekitar. Terakhir, bila sinar diarahkan ke bawah, lampu bisa menerangi area kerja. 

Baca juga: Cara Tepat Memilih Suhu Warna Bola Lampu untuk Ruangan 

Lampu plafon dan kap lampu

Salah satu tips mengisi rumah baru adalah menentukan gaya interior yang ingin kita adopsi. Hal ini penting agar kita tak mudah tergoda dengan barang-barang lucu.Unsplash/Spacejoy Salah satu tips mengisi rumah baru adalah menentukan gaya interior yang ingin kita adopsi. Hal ini penting agar kita tak mudah tergoda dengan barang-barang lucu.
Beberapa lampu plafon memberikan cahaya umum dan biasanya digunakan untuk menerangi ruangan besar. Hal ini karena pencahayaan yang dihasilkan lampu plafon seragam dan menjangkau semua area. 

Pilihan lainnya adalah lampu gantung. Untuk menjalankan fungsinya dengan baik, lampu plafon harus diletakkan di tempat dan ketinggian yang tepat. Ini juga tergantung pada ruangan tempat mereka dipasang.

Jika menginginkan cahaya hangat, Anda harus memilih lampu plafon dengan naungan tembus cahaya yang menyebarkan cahaya dengan baik. Lampu plafon yang memiliki bentuk kerucut mengarahkan cahaya ke bawah dan memusatkannya.

Perlu diingat, Anda harus meletakkan lampu ini pada jarak 70-80 sentimeter dari meja. Jika tidak, lampu ini dapat mengganggu aktivitas Anda. 

Baca juga: Bahaya Memasang Sakelar Lampu di Dalam Kamar Mandi

Sconce dinding

Ilustrasi kamar mandi, ilustrasi lampu sconce di kamar mandiSHUTTERSTOCK / Artazum Ilustrasi kamar mandi, ilustrasi lampu sconce di kamar mandi
Lampu ini mengarahkan sinar cahaya ke plafon dan memancarkan cahaya umum yang lembut. Lampiusconce disebut wallwasher dan harus dipasang pada jarak 1,65 meter dari tanah agar cahaya dipantulkan ke plafon. 

Mereka bekerja dengan bohlam halogen dilengkapi dengan diffuser dan LED. Jika ingin menggunakannya di kamar mandi, letakkan di sisi cermin.

Jangan pernah meletakkannya di atas cermin karena tidak akan mendapatkan cahaya yang seragam tanpa bayangan.

Ketika digunakan di kamar mandi, penting memilih lampu dinding yang tahan air untuk melindungi bohlam dari kelembapan. 

Baca juga: Cara Membuat Lampu Gantung dari Tanaman Hias agar Ruangan Tampak Unik

Lampu meja

Desain dan ukuran menentukan jenis lampu yang digunakan untuk ruang tamu atau meja. Satu atau dua lampu meja berukuran besar akan memberikan pencahayaan lembut dan nyaman di ruang tamu.

Meski digunakan untuk meja samping tempat tidur di kamar tidur, lampu meja memiliki naungan kecil jauh lebih cocok. Disarankan menggunakan lampu sorot yang dapat disesuaikan di ruang kerja atau meja belajar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com