Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Jenis Lampu yang Biasa Digunakan Setiap Ruangan di Rumah

Ada beberapa pilihan lampu yang bisa diaplikasikan di dalam ruangan, dari lampu lantai, lampu tugas, lampu hias, hingga lampu gantung. 

Dilansir dari Decor Tips, Senin (14/2/2022), lampu memberikan jenis cahaya tertentu pada ruangan, tergantung pada ukurannya, di mana lampu memproyeksikan cahaya, dan dengan cara apa.

Karena itu, penting mempertimbangkan ketiga aspek ini saat memilih lampu untuk ruangan. Berikut beberapa pilihan lampu yang bisa diaplikasikan di dalam ruangan.  

Untuk mendapatkan cahaya yang lembut dan menyelimuti, disarankan memilih lampu dengan naungan tembus pandang yang memiliki pintu keluar dari atas dan bawah.

Model lantai dengan lampu halogen dapat memberikan tiga jenis cahaya. Pertama, jika sinar diarahkan ke plafon, mereka memberikan cahaya umum.

Keduan, jika menggabungkan pengatur intensitas, lampu ini memberikan cahaya sekitar. Terakhir, bila sinar diarahkan ke bawah, lampu bisa menerangi area kerja. 

Pilihan lainnya adalah lampu gantung. Untuk menjalankan fungsinya dengan baik, lampu plafon harus diletakkan di tempat dan ketinggian yang tepat. Ini juga tergantung pada ruangan tempat mereka dipasang.

Jika menginginkan cahaya hangat, Anda harus memilih lampu plafon dengan naungan tembus cahaya yang menyebarkan cahaya dengan baik. Lampu plafon yang memiliki bentuk kerucut mengarahkan cahaya ke bawah dan memusatkannya.

Perlu diingat, Anda harus meletakkan lampu ini pada jarak 70-80 sentimeter dari meja. Jika tidak, lampu ini dapat mengganggu aktivitas Anda. 

Mereka bekerja dengan bohlam halogen dilengkapi dengan diffuser dan LED. Jika ingin menggunakannya di kamar mandi, letakkan di sisi cermin.

Jangan pernah meletakkannya di atas cermin karena tidak akan mendapatkan cahaya yang seragam tanpa bayangan.

Ketika digunakan di kamar mandi, penting memilih lampu dinding yang tahan air untuk melindungi bohlam dari kelembapan. 

Lampu meja

Desain dan ukuran menentukan jenis lampu yang digunakan untuk ruang tamu atau meja. Satu atau dua lampu meja berukuran besar akan memberikan pencahayaan lembut dan nyaman di ruang tamu.

Meski digunakan untuk meja samping tempat tidur di kamar tidur, lampu meja memiliki naungan kecil jauh lebih cocok. Disarankan menggunakan lampu sorot yang dapat disesuaikan di ruang kerja atau meja belajar.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/02/14/082100576/4-jenis-lampu-yang-biasa-digunakan-setiap-ruangan-di-rumah-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke