Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Tepat Memilih Suhu Warna Bola Lampu untuk Ruangan

Kompas.com - 26/12/2021, 17:48 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna cat pada ruangan tak hanya memiliki dampak besar pada suasana, tetapi juga cahaya yang masuk ke ruang dapat menentukan bagaimana warna tersebut terlihat dan terasa.

Ada dua cara menerangi ruangan, yakni melalui pencahayaan alami dan pencahayaan buatan. Pencahayaan buatan sepenuhnya dapat diikontrol. 

Baca juga: Cara Mendekorasi Ruangan yang Kekurangan Pencahayaan Alami

Itulah sebabnya penting memperhatikan warna bola lampu yang memiliki efek langsung pada warna dinding.

Dilansir dari Martha Stewart, Minggu (26/12/2021), berikut cara memilih suhu warna bola lampu yang tepat untuk memberi aksen cat di rumah Anda dengan benar menurut ahli pencahayaan.

Baca juga: Cara Mendekorasi Ruangan yang Kekurangan Pencahayaan Alami 

Pertimbangkan suhu kelvin bola lampu

Ilustrasi ruang tamuUnsplash/Sidekix Media Ilustrasi ruang tamu
Ada dua cara utama membedakan antara jenis cahaya, yakni suhu kelvin (ini mengukur hangat atau dinginnya spektrum cahaya putih) dan indeks rendering warna atau CRI (ini melibatkan persepsi optimal dari warna yang sebenarnya).

David Rosenkvist, kepala komersial dan kreatif di Louis Poulsen sebuah produsen lampu, menjelaskan bahwa suhu kelvin adalah tentang kesejukan dan kehangatan. 

Baca juga: Tips Menciptakaan Pencahayaan Dapur yang Maksimal

Warna cahaya matahari, terutama pada pagi dan sore hari, dan jalur cahaya lilin pada 1800-2000 kelvin mengartikan vahwa itu cahaya hangat dan putih.

Di sisi lain, cahaya yang kita lihat dari langit biru tanpa matahari adalah sekitar 7000 kelvin atau lebih dan lebih dingin. Dalam nada ini, suhu bola lampu menambah dingin atau hangat pada warna cat yang ditampilkan pada sebuah ruangan. 

Baca juga: 6 Ide Pencahayaan untuk Ruang Keluarga

"Kami ingin menciptakan apa yang paling cocok untuk ruangan. Rekomendasi kami untuk rumah pribadi biasanya menggunakan sumber cahaya antara 2700-3000 kelvin yang tidak sehangat cahaya lilin, tetapi tetap memberikan kehangatan yang sangat menyenangkan," ucap Rosenkvist. 

Untuk ruang seperti gedung perkantoran atau ruang kerja, antara 3000-4000 kelvin adalah yang terbaik. Anda juga dapat menerapkan ini ke area rumah yang didedikasikan untuk belajar atau bekerja.

Baca juga: Simak, 5 Cara Mudah Memaksimalkan Pencahayaan Alami di Dalam Ruangan 

Peringkat sumber pencahayaan pada CRI

Warna cat Anda berada dalam bentuk aslinya saat disinari cahaya alami. Begitulah cara menghitung CRI. "Ketika berbicara tentang CRI, idealnya adalah 100, yang sedekat mungkin dengan mengalami objek dan warna pada siang hari alami," catat Rosenkvist.

Skala ini berasal dari penggunaan bola lampu pijar sebagai titik awal serta bekerja untuk mencocokkan LED dan lampu hemat energi dengan ini. 

Baca juga: 5 Ide Pencahayaan untuk Mencerahkan Setiap Ruang di Apartemen

Jika bola lampu memiliki CRI rendah, warna catnya mungkin terlihat sangat berbeda dibanding warna cahaya alaminya.

Dia mengatakan cara terbaik adalah menggunakan bohlam atau LED yang lebih dari 90 dan sedekat mungkin dengan 100 pada skala CRI. Dengan cara ini, Anda akan mengalami persepsi paling alami dari warna yang dapat dilihat mata. 

Baca juga: 6 Permasalahan Pencahayaan yang Dialami di Dapur dan Cara Mengatasinya 

Gunakan cahaya buatan untuk meningkatkan warna cat 

Ilustrasi ruang keluarga dengan warna monokromUnsplash/Sidekix Media Ilustrasi ruang keluarga dengan warna monokrom
Jika memilih pencahayaan buatan yang tepat untuk efek yang diinginkan, Anda akan dapat mengontrol rona pada dinding, terlepas dari paparan cahaya alami.

Nuansa sejuk seperti biru, hijau, dan abu-abu tampak paling baik dengan cahaya terang yang sejuk. Lampu yang terang seperti siang hari dapat membantu warna ini terlihat konsisten. 

Baca juga: Ketahui, Ini 5 Jenis Pencahayaan untuk Kamar Mandi

Di sisi lain, bola lampu putih lembut standar menawarkan efek lebih hangat dan lebih alami.

"Jenis cahaya ini akan membuat warna-warna cerah seperti merah, oranye, dan kuning. Cat yang sedikit lebih intens dan lebih dingin seperti hijau, biru, dan abu-abu tampak sedikit lebih gelap atau kusam," kata Sarah Fishburne, Direktur Tren dan Desain di The Home Depot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com