Kompas.com - 04/12/2021, 08:34 WIB
Ilustrasi penggunaan skylight untuk meningkatkan pencahayaan alami di dalam rumah. SHUTTERSTOCK/B. FORENIUSIlustrasi penggunaan skylight untuk meningkatkan pencahayaan alami di dalam rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pencahayaan alami di rumah sangat penting. Rumah yang menerima banyak cahaya alami akan menjadi rumah yang nyaman, membuat kita merasa santai dan segar kembali.

Selain itu, jika meningkatkan cahaya alami di sebuah ruangan, Anda akan menemukan bahwa warna terlihat lebih hidup dan dekorasi terlihat lebih cerah dan lebih menarik. Terbukti bahwa rumah yang terang lebih menarik bagi pembeli rumah daripada rumah yang gelap.

Mengapa perlu meningkatkan pencahayaan alami di rumah?

Dilansir dari Homes & Gardens, Sabtu (4/12/2021), selain menimbulkan perasaan yang menyenangkan, cahaya alami telah terbukti secara ilmiah meningkatkan serotonin, hormon yang bertanggung jawab untuk menstabilkan suasana hati dan kesejahteraan. Sebagai hasilnya, membawa ketenangan dan kedamaian.

Baca juga: 7 Rekomendasi Warna Cat Terbaik untuk Ruangan Minim Cahaya

Ilustrasi dapur, lemari dapur. PIXABAY/JEAN VAN DER MEULEN Ilustrasi dapur, lemari dapur.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika mempelajari cara meningkatkan cahaya alami sangat penting dalam desain eksterior dan interior rumah.

Selain membawa manfaat bagi kesehatan, ada manfaat praktis dan estetika untuk mengetahui cara meningkatkan cahaya alami di rumah kita.

"Meningkatkan cahaya alami adalah cara yang sangat sederhana untuk mengatur warna di suatu ruang dan mengubah suasana hati tanpa harus menghadapinya," kata Marketa Rypacek, direktur pelaksana di Industville.

Mulai dari memasang lebih banyak jendela hingga dekorasi dengan warna putih atau dekorasi dengan cermin, meningkatkan jumlah cahaya alami dalam ruangan menciptakan suasana yang tidak dapat Anda tiru secara artifisial.

Baca juga: Pilihan Warna untuk Ruangan Berdasarkan Cahaya Matahari

Bagaimana cara membawa pencahayaan alami ke dalam rumah?

Anda dapat membawa cahaya alami ke dalam ruangan internal dengan mendekorasi dalam warna-warna terang dan meningkatkan jumlah permukaan reflektif.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.