Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, 5 Cara Mudah Memaksimalkan Pencahayaan Alami di Dalam Ruangan

Kompas.com - 04/12/2021, 08:34 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pencahayaan alami di rumah sangat penting. Rumah yang menerima banyak cahaya alami akan menjadi rumah yang nyaman, membuat kita merasa santai dan segar kembali.

Selain itu, jika meningkatkan cahaya alami di sebuah ruangan, Anda akan menemukan bahwa warna terlihat lebih hidup dan dekorasi terlihat lebih cerah dan lebih menarik. Terbukti bahwa rumah yang terang lebih menarik bagi pembeli rumah daripada rumah yang gelap.

Mengapa perlu meningkatkan pencahayaan alami di rumah?

Dilansir dari Homes & Gardens, Sabtu (4/12/2021), selain menimbulkan perasaan yang menyenangkan, cahaya alami telah terbukti secara ilmiah meningkatkan serotonin, hormon yang bertanggung jawab untuk menstabilkan suasana hati dan kesejahteraan. Sebagai hasilnya, membawa ketenangan dan kedamaian.

Baca juga: 7 Rekomendasi Warna Cat Terbaik untuk Ruangan Minim Cahaya

Ilustrasi dapur, lemari dapur. PIXABAY/JEAN VAN DER MEULEN Ilustrasi dapur, lemari dapur.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika mempelajari cara meningkatkan cahaya alami sangat penting dalam desain eksterior dan interior rumah.

Selain membawa manfaat bagi kesehatan, ada manfaat praktis dan estetika untuk mengetahui cara meningkatkan cahaya alami di rumah kita.

"Meningkatkan cahaya alami adalah cara yang sangat sederhana untuk mengatur warna di suatu ruang dan mengubah suasana hati tanpa harus menghadapinya," kata Marketa Rypacek, direktur pelaksana di Industville.

Mulai dari memasang lebih banyak jendela hingga dekorasi dengan warna putih atau dekorasi dengan cermin, meningkatkan jumlah cahaya alami dalam ruangan menciptakan suasana yang tidak dapat Anda tiru secara artifisial.

Baca juga: Pilihan Warna untuk Ruangan Berdasarkan Cahaya Matahari

Bagaimana cara membawa pencahayaan alami ke dalam rumah?

Anda dapat membawa cahaya alami ke dalam ruangan internal dengan mendekorasi dalam warna-warna terang dan meningkatkan jumlah permukaan reflektif.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com