Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Tepat Memilih Suhu Warna Bola Lampu untuk Ruangan

Ada dua cara menerangi ruangan, yakni melalui pencahayaan alami dan pencahayaan buatan. Pencahayaan buatan sepenuhnya dapat diikontrol. 

Itulah sebabnya penting memperhatikan warna bola lampu yang memiliki efek langsung pada warna dinding.

Dilansir dari Martha Stewart, Minggu (26/12/2021), berikut cara memilih suhu warna bola lampu yang tepat untuk memberi aksen cat di rumah Anda dengan benar menurut ahli pencahayaan.

David Rosenkvist, kepala komersial dan kreatif di Louis Poulsen sebuah produsen lampu, menjelaskan bahwa suhu kelvin adalah tentang kesejukan dan kehangatan. 

Warna cahaya matahari, terutama pada pagi dan sore hari, dan jalur cahaya lilin pada 1800-2000 kelvin mengartikan vahwa itu cahaya hangat dan putih.

Di sisi lain, cahaya yang kita lihat dari langit biru tanpa matahari adalah sekitar 7000 kelvin atau lebih dan lebih dingin. Dalam nada ini, suhu bola lampu menambah dingin atau hangat pada warna cat yang ditampilkan pada sebuah ruangan. 

"Kami ingin menciptakan apa yang paling cocok untuk ruangan. Rekomendasi kami untuk rumah pribadi biasanya menggunakan sumber cahaya antara 2700-3000 kelvin yang tidak sehangat cahaya lilin, tetapi tetap memberikan kehangatan yang sangat menyenangkan," ucap Rosenkvist. 

Untuk ruang seperti gedung perkantoran atau ruang kerja, antara 3000-4000 kelvin adalah yang terbaik. Anda juga dapat menerapkan ini ke area rumah yang didedikasikan untuk belajar atau bekerja.

Peringkat sumber pencahayaan pada CRI

Warna cat Anda berada dalam bentuk aslinya saat disinari cahaya alami. Begitulah cara menghitung CRI. "Ketika berbicara tentang CRI, idealnya adalah 100, yang sedekat mungkin dengan mengalami objek dan warna pada siang hari alami," catat Rosenkvist.

Skala ini berasal dari penggunaan bola lampu pijar sebagai titik awal serta bekerja untuk mencocokkan LED dan lampu hemat energi dengan ini. 

Jika bola lampu memiliki CRI rendah, warna catnya mungkin terlihat sangat berbeda dibanding warna cahaya alaminya.

Dia mengatakan cara terbaik adalah menggunakan bohlam atau LED yang lebih dari 90 dan sedekat mungkin dengan 100 pada skala CRI. Dengan cara ini, Anda akan mengalami persepsi paling alami dari warna yang dapat dilihat mata. 

Nuansa sejuk seperti biru, hijau, dan abu-abu tampak paling baik dengan cahaya terang yang sejuk. Lampu yang terang seperti siang hari dapat membantu warna ini terlihat konsisten. 

Di sisi lain, bola lampu putih lembut standar menawarkan efek lebih hangat dan lebih alami.

"Jenis cahaya ini akan membuat warna-warna cerah seperti merah, oranye, dan kuning. Cat yang sedikit lebih intens dan lebih dingin seperti hijau, biru, dan abu-abu tampak sedikit lebih gelap atau kusam," kata Sarah Fishburne, Direktur Tren dan Desain di The Home Depot.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/26/174800476/cara-tepat-memilih-suhu-warna-bola-lampu-untuk-ruangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke