Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Terlewati, Ini Cara Membersihkan Sakelar Lampu

Kompas.com - 08/11/2021, 15:42 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika membersihkan rumah, biasanya seseorang akan mengenai semua titik utama seperti jendela, lantai, furnitur, dan perlengkapan lainnya di dalam ruangan.

Namun, tanpa disadari, Anda serung mengabaikan sudut dan celah kecil yang dapat mengumpulkan kotoran serta debu seperti sakelar lampu.  

Baca juga: Lampu Kristal di Rumah Bagus Menurut Feng Shui, Ini Manfaatnya

Melansir dari Martha Stewart, Senin (8/11/2021), sakelar merupakan salah satu tempat yang paling kotor di dalam rumah karena banyak tangan yang menyentuhnya secara berulang dan sepanjang hari.

Tak heran, permukaan sakelar lampu akan menyimpan kuman baru setiap kali ada yang menyetuhnya. 

"Karena minyak jari akan mengotori sakelar, wadah, dan pelat dinding, sakelara lampu perlu dibersihkan secara berkala," jelas David Sigmund, yang mengajar di Stark State College.

Lantas, bagaimana membersihkan sakelar lampu dari debu dan kotoran, baik yang terlihat maupun tidak terlihat? 

Baca juga: Sama-sama Menerangi, Apa Saja Perbedaan Lampu Pijar, CFL, dan LED? 

Hindari menyemprotkan larutan cair

Salah satu hal paling penting untuk diingat adalah sakelar lampu merupakan komponen listrik. Untuk itu, pembersihan sakelar lampu yang tepat sangat penting guna memastikan Anda dan rumah tetap aman.

Sigmund menyarankan agar tidak menyemprotkan larutan cair apa pun langsung ke sakelar lampu atau soket. "Hampir semua larutan akan menghantarkan listrik," katanya. 

Baca juga: 5 Mitos Lampu Gantung yang Masih Dipercaya sampai Sekarang

Jika cairan itu masuk ke perangkat dalam konsentrasi apa pun, itu bisa menyebabkan korsleting listrik.

"Cara terbaik melakukannya adalah mulai dengan kain lembut dan basahi dengan air atau lebih baik lagi dengan cairan pembersih, tapi jangan rendam kainnya," kata Sigmund. 

Setelah membasahi kain dalam larutan pembersih, Anda dapat mulai menyeka penutup sakelar lampu untuk menghilangkan kuman serta kotoran.  

Baca juga: Tidak Sulit, Begini Cara Membersihkan Kap Lampu Berbahan Kain

Dengan metode pembersihan ini, Anda tidak perlu khawatir akan tersengat listrik saat membersihkan sakelar lampu karena larutan pembersih tidak akan bersentuhan dengan komponen bermuatan listrik apa pun.

Pekerjaan ini harus menjadi bagian dari rutinitas pembersihan rutin Anda setidaknya sekali seminggu atau setiap hari jika ada seseorang yang sakit di rumah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com