Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Mitos Lampu Gantung yang Masih Dipercaya sampai Sekarang

Kompas.com - 25/08/2021, 22:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika datang untuk menerangi ruang, lampu gantung kerap dipilih sebagai salah satu pilihan. Berbeda dengan jenis lampu lainnya, lampu gantung memiliki tampilan yang cantik dan elegan.

Biasanya, lampu gantung banyak digunakan untuk ruangan besar dan mewah seperti ballroom, gedung pertemuan, dan istana. 

Baca juga: Simak, 7 Tips Dekorasi Ruangan dengan Lampu Gantung Minimalis

Lantaran sering digunakan di ruangan besar dan mewah, sebagian besar orang cenderung menghindari untuk menggunakan lampu gantung di rumah.

Hal ini karena tampilannya yang mewah kurang cocok dengan gaya rumah tertentu seperti rumah modern dan minimalis, ditambah harganya yang mahal. Hanya rumah besar dan bergaya mewah yang bisa menggunakan lampu gantung. 

Baca juga: Cara Memilih Lampu LED yang Sesuai dengan Kebutuhan dan Gaya Rumah

Padahal hal itu hanyalah mitos. Lampu gantung cocok untuk desain dan model rumah apa pun. Harganya pun tak selalu mahal. Ada lampu gantung yang memiliki harga terjangkau, tergantung dari jenis dan modelnya.

Nah, melansir dari Home and Decor, Rabu (25/8/2021), berikut ini lima mitos lampu gantung yang tak perlu dipercaya. 

Baca juga: Tips Memilih Lampu Hias untuk Ruang Tamu 

Mitos: Untuk rumah modern, lampu gantung yang besar dan berani terasa tidak tepat 

Faktanya, lampu gantung klasik dapat memberikan pernyataan agung ke ruangan mana pun selama itu adalah titik fokusnya. Bahkan, membandingkannya dengan interior kontemporer dapat membuatnya lebih menonjol.

Saat memilih lampu gantung, pikirkan cara kerjanya dengan furnitur dan perlengkapan lainnya di dalam ruangan, mereka tidak boleh berebut perhatian. 

"Pencahayaan bisa jauh lebih bermanfaat daripada sekadar menerangi ruang jika memilihnya dengan cermat dan memiliki makna bagi Anda. Jangan takut mengambil risiko dan memilih sesuatu yang berani," kata Diogo Carvalho, Direktur Desain Merek Castro Lighting yang berbasis di Portugal. 

Baca juga: Ingin Hias Kamar dengan Lampu Tumblr? Coba 5 Ide Ini 

Mitos: Lampu gantung kebanyakan ada di ruang makan atau ruang tamu

Faktanya, jangan takut menempatkan lampu gantung di mana pun Anda membutuhkan sedikit kemegahan.

Lampu gantung di ruang non-komunal seperti kamar tidur atau kamar mandi adalah kemewahan tertinggi karena mereka seperti suguhan visual pribadi.

Baca juga: 4 Cara Menyingkirkan Laron dari Rumah Tanpa Mematikan Lampu 

Mitos: Anda harus memiliki rumah besar untuk memiliki lampu gantung

Faktanya, ruang kecil dapat menggunakan lampu gantung dengan baik, tetapi hindari membanjiri ruang dengan mengukur dimensi dan memilih lampu gantung dengan ukuran yang sesuai dengan ruangan.

Ketinggian langit-langit atau plafon rumah adalah faktor terpenting serta apa yang Anda rencanakan untuk diletakkan di bawah lampu gantung.

“Untuk ketinggian langit-langit normal tiga meter, lampu gantung Alexandria atau Babylon akan menjadi pilihan yang sangat baik di atas ruang tamu atau meja makan,” kata Gina Tan, Manajer Merek di Barovier & Toso. 

Baca juga: Segera Ganti, Ini Bahaya Memakai Lampu Neon 

Mitos: Lampu gantung mahal

Selanjutnya, mitos lampu gantung ini sering kali dengar dan percayai sampai sekarang.  Padahal, hal itu belum tentu karena kini ada banyak pilihan model lampu gantung.

“Kisaran harga lampu gantung sangat luas, tergantung asal, merek, dan jenisnya,” ujar Douglas Lee, Kepala Komunikasi Pemasaran di VLux Lighting. 

Baca juga: Kenapa Lampu Berkedip Tiba-tiba? Kenali Penyebabnya Berikut Ini

Mitos: Semua lampu gantung terlihat sama

Anda mungkin berpikir tentang lampu gantung klasik, tetapi hari ini lampu gantung datang dalam berbagai bentuk dan ukuran.

Lampu gantung modern memiliki siluet minimalis dan bohlam yang lebih sedikit sehingga memberi pencahayaan tanpa berlebihan.

Demikian juga, pikirkan tentang ruang tempat Anda menggantungnya. Misalnya, lampu gantung hitam kecil mungkin kurang memuaskan di ruang makan yang luas. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com