Kompas.com - 28/01/2022, 21:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur merupakan jantung sebuah rumah karena memiliki banyak aktivitas, dari menyiapkan sarapan, makan siang, makan malam, hingga menjadi tempat hiburan dan berkumpul.

Tak heran, hal ini membuat dapur lebih cepat kotor daripada area lainnya di rumah. Ditambah, ada beberapa benda di dapur yang sering terlupakan untuk dibersihkan. 

Melansir dari Food Network, Jumat (28/1/2022), berikut sembilan benda paling kotor di dapur dan sering terlewatkan untuk dibersihkan. 

Baca juga: Bau dan Tidak Praktis, 5 Hal Ini Tak Boleh Disimpan di Kabinet Dapur 

Handle atau pegangan 

Ilustrasi lemari dapur, kabinet dapur. PIXABAY/MIKE GATTORNA Ilustrasi lemari dapur, kabinet dapur.
Setiap handle atau pegangan di dapur Seperti lemari, peralatan, bahkan saklar lampu adalah sarang kuman lantaran sering disentuh banyak tangan di runah setiap hari.

Untuk itu, lap setiap pegangan dengan kain pembersih disinfektan sekali pakai setidaknya seminggu sekali. 

Wastafel dan keran air 

Wastafel yang basah bisa menjadi tempat berkembang biak bakteri. Untuk itu, perlu mengelap dan menyemprot wastafel dan keran air secara teratu dengan disinfektan.

Bersihkan saluran pembuangan secara menyeluruh setiap minggu dengan menyiramnya menggunakan hidrogen peroksida atau larutan pembersih disinfektan. 

Baca juga: 6 Tips Menjaga Meja Dapur Tetap Bersih dan Rapi 

Meja dapur

Menyeka permukaan meja dapur dengan air tidak akan membunuh bakteri apa pun. Untuk itu, perlu menggunakan pembersih disinfektan terlebih dahulu. 

Gustavo Castro dari Chicago Household Services—yang berspesialisasi dalam pembersihan mendalam perumahan— menyarankan menggunakan larutan yang lembut dan aman untuk membersihkan dapur seperti 25 persen cuka dan 75 persen air. 

"Kandungan asam dalam larutan ini sangat bagus untuk disinfektan sekaligus menjadi pembersih ramah lingkungan," katanya.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.