Kompas.com - 26/01/2022, 22:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur merupakan area yang paling sibuk di dalam rumah. Oleh sebab itu, dapur harus dibersihkan setiap kali selesai memasak dan menyiapkan ragam makanan lainnya.

Tumpahan minyak, makanan, dan kotoran lainnya akan mudah jatuh dan menempel di berbagai permukaan di area dapur.

Dilansir dari The Kitchn, Rabu (26/1/2022), berikut beberapa hal yang harus dilakukan untuk menjadikan dapur bersih sepanjang hari. 

Baca juga: 4 Kegunaan Kantung Teh Celup Bekas untuk Membersihkan Dapur

Ilustrasi dapur kecilSHUTTERSTOCK/Michaela Komi Ilustrasi dapur kecil

Berikan ventilasi yang baik

Selain membersihkan kotoran yang terlihat, Anda juga harus memeriksa keadaan udara di sekitar dapur. Sebab, udara yang lembap akan membuat dapur tidak sehat.

Dapur yang verventilasi baik akan membantu menghindari kelembapan, yang dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri atau jamur.

Untuk itu, perhatikan ventilasi dan gunakan exhaust fan untuk mengalirkan udara di dalam area dapur. 

Cara mudah membersihkan microwave

“Setiap kali noda dan residu menumpuk di microwave Anda, bersihkan peralatan dapur pekerja ini secara menyeluruh. Campurkan satu cangkir air, satu cangkir cuka, dan dua sendok makan perasan lemon dalam mangkuk. Masukkan mangkuk ke dalam microwave dan nyalakan selama dua menit. Setelah microwave terisi uap, gunakan kain lembap untuk mengelap bagian dalamnya dan residu akan langsung hilang,” kata Thumbtack Professional, Michael Dimpoloulos, pendiri Lazy Susans Cleaning. 

Baca juga: Cara Membersihkan Residu Putih di Keran Kamar Mandi dan Dapur

Bersihkan tempat sampah dengan benar 

Bersihkan bagian dalam tempat sampah Anda sesering mungkin, karena banyak orang sering melupakannya dan itu menjadi sumber bau yang akan menyebar di area dapur.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Kitchn
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.