Kompas.com - 28/01/2022, 20:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda memiliki hewan peliharaan seperti kucing atau anjing di dalam rumah, kemungkinan Anda sudah berusaha keras untuk membuat ruang Anda lebih ramah hewan peliharaan.

Namun, ada beberapa elemen dekorasi rumah, termasuk yang berhubungan dengan hiburan, yang mungkin tidak Anda sadari berbahaya bagi hewan peliharaan.

"Kami menganggap hewan peliharaan kami sebagai bagian dari keluarga kami, tetapi dekorasi tertentu yang membawa keindahan dan kesenangan bagi orang-orang di rumah dapat menimbulkan bahaya serius bagi anjing atau kucing," ujar Douglas Kratt, dokter hewan di Central Animal Hospital dan presiden dari American Veterinary Medical Association (AVMA) yang dilansir dari Hunker, Jumat (28/1/2022).

Baca juga: 6 Hewan Peliharaan yang Cocok untuk Anak Kos

 

Untuk membantu Anda melindungi hewan peliharaan di rumah, Kratt dan Jamie Richardson, Kepala Staf Medis di Small Door Veterinary memberikan tips tentang barang-barang dekoratif apa yang harus dijauhkan dari jangkauan hewan peliharaan, antara lain sebagai berikut. 

Ilustrasi bunga poinsettiaUnsplash/Jeffrey Hamilton Ilustrasi bunga poinsettia

1. Tanaman hias beracun 

Meskipun memiliki keindahan saat diletakkan di dalam ruangan sebagai elemen dekorasi, namun varietas tertentu bisa sangat berbahaya bagi hewan peliharaan.

"Banyak tanaman hias umum, termasuk bunga lily, oleander, pohon sagu, tulip, dan tanaman liburan seperti poinsettia, holly dan mistletoe, dapat menyebabkan muntah, diare, dan kesulitan bernapas, atau bahkan berakibat fatal bagi hewan peliharaan," kata Richardson.

Misalnya, bunga lily dapat menyebabkan gagal ginjal akut pada kucing, jika kucing mengunyah sehelai daun, meminum air tanaman, atau terkena serbuk sari.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Urine dan Kotoran Hewan Peliharaan Pakai Cuka

Jadi jangan membawa tanaman apa pun ke rumah Anda jika itu beracun bagi hewan peliharaan, dan hindari memilikinya di kebun jika Anda memiliki anjing atau kucing di luar ruangan.

2. Pohon dalam ruangan

Suka atau tidak, Richardson mengatakan sejumlah pohon dalam ruangan dapat menimbulkan sejumlah bahaya bagi hewan peliharaan Anda.

 

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Hunker
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.