Kompas.com - 18/01/2022, 07:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Tidak hanya benda-benda seperti buku, kunci, dan pakaianproduk pembersih rumah juga perlu dirapikan serta disimpan guna memudahkan saat mencari serta mengambilnya ketika diperlukan. 

Selain itu, membiarkan produk pembersih berceceran di rumah dapat membahayakan. Sebab, sebagian besar produk pembersih mengandung bahan kimia yang bisa menyebabkan keracunan bagi manusia, hewan peliharaan, bahkan tanaman.

Untuk mencegahnya, melansir Decortips, Selasa (18/1/2022), berikut enam hal yang perlu diperhatikan saat menyimpan produk pembersih di rumah.

Baca juga: 10 Cara Menghemat Waktu saat Membersihkan Rumah, Salah Satunya Multitasking

Cari tempat yang aman

Ilustrasi petugas jasa pembersihan rumah. SHUTTERSTOCK/SEBRA Ilustrasi petugas jasa pembersihan rumah.

Tempat yang aman untuk meletakkan produk pembersih adalah tempat yang tersembunyi dari pandangan, tidak mudah diakses, dan berada di ketinggian. Dengan begitu, anak-anak atau hewan peliharaan tidak bisa mengaksesnya.

Selain itu, hindari terkena sinar matahari langsung atau di dekat sumber panas. Bila perlu menyimpan produk pembersih di tempat yang memiliki kunci.

Baca juga: Mudah, Cara Membersihkan Permukaan Berjamur dengan Bumbu Dapur Ini

Tempat penyimpanan harus berventilasi

Setelah menemukan tempat yang aman untuk merapikan dan menyimpan peralatan pembersihkan, pastikan tempat itu memiliki ventilasi. Setelah itu, membuka tempat penyimpanan secara rutin setidaknya dua kali seminggu. 

Sembari membiarkan peralatan dan produk pembersih terkena udara, kamu juga bisa memeriksa atau membersihkan tumpahan apa pun yang terlihat.

Periksa tanggal kedaluwarsa

Produk pembersih rumah tangga adalah salah satu bau yang dibenci kucing.SHUTTERSTOCK/LUMENST Produk pembersih rumah tangga adalah salah satu bau yang dibenci kucing.

Produk pembersih yang sudah lewat tanggal kedaluwarsanya akan berbahaya bila terus disimpan. Untuk itu, periksa tanggal kedaluwarsa produk pembersih.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber decor tips
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.