Kompas.com - 11/01/2022, 20:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comLidah buaya adalah satu tanaman hias yang memiliki manfaat bagi manusia selain tampilannya yang indah. Tak heran, lidah buaya menjadi salah satu tanaman yang banyak ditanam orang. 

Bahkan, melansir Ask Wet and Forget, Selasa (11/1/2022), tanaman lidah buaya tergolong tanaman sukulen yang bisa ditanam di dalam ruangan.

Baca juga: Panduan Menanam Lidah Buaya di Polybag, Cocok di Halaman Rumah

Seputar tanaman lidah buaya

Tanaman lidah buaya memiliki gel yang dapat meredakan luka bakar, gigitan serangga, atau luka kecil. Lidah buaya juga dapat memurnikan udara. 

Meski begitu, tanaman ini beracun bagi hewan peliharaan seperti anjing dan kucing bila tertelan. Lidah buaya dapat menyebabkan muntah-muntah, diare, dan lesu.

Sebelum mulai menanam lidah buaya di dalam rumah, cari dulu lokasi yang sulit dijangkau  hewan peliharaan agar mereka tetap aman dan tanaman dapat tumbuh dengan baik.

Baca juga: Ini Sinar Matahari yang Dibutuhkan Lidah Buaya

Cara menanam lidah buaya di dalam ruangan

Ilustrasi tanaman lidah buayaUnsplash/Stephanie Harvey Ilustrasi tanaman lidah buaya
Ada sejumlah persiapan yang perlu dilakukan sebelum menanam lidah buaya di dalam ruangan seperti berikut ini. 

  • Tanah

Tanah pot yang berpasir dan well-drained merupakan pilihan paling tepat untuk lidah buaya. Well-drained adalah jenis tanah yang memungkinkan air mengalir dengan kecepatan sedang sehingga tidak menimbulkan genangan. 

  • Pot dan lokasi penyimpanan

Untuk pot, tanaman lidah buaya dapat tumbuh dengan subur di dalam jenis pot apa pun selama akarnya dipadati tanah. Letakkan pot lidah buaya di tempat yang tidak terlalu sempit.

Lidah buaya dapat tumbuh mencapai 30-60 sentimeter, sementara lebarnya bisa mencapai 15 sentimeter. 

Baca juga: Mengenal Lidah Buaya Spiral, Tanaman Berbentuk Unik

  • Pencahayaan

Tanaman lidah buaya membutuhkan cahaya yang terang, tapi tidak langsung. Letakkan pot di jendela yang meghadap ke arah selatan atau barat.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.