Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kandungan Gel Lidah Buaya Mampu Memberi Nutrisi untuk Tanaman

Kompas.com - 11/04/2021, 10:28 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lidah buaya adalah salah satu tanaman sekulen yang paling umum ditemukan di berbagai belahan dunia, dengan ciri khas daun hijau tebal dan berduri.

Tumbuhan dari genus Aloe ini begitu dikagumi banyak orang, karena perawatannya tidak terlalu menuntut dan memiliki banyak manfaat dalam dunia kecantikan maupun kesehatan.

Ya, lidah buaya kerap dijadikan sebagai tanaman obat, karena baik untuk mengatasi masalah rambut, jerawat, luka bakar hingga diabetes dan masih banyak lagi.

Baca juga: Mengapa Tanaman Lidah Buaya Layu? Kenali Penyebabnya

Beberapa orang mungkin menanam lidah buaya untuk dijadikan sebagai tanaman hias, tetapi mereka juga bisa memberikan nutrisi atau pupuk untuk tanaman lainnya.

Ya, kamu tidak salah membacanya, karena lidah buaya memiliki pengaruh terhadap tanaman lainnya atau dalam dunia pertanian.

Dilansir dari beberapa sumber, Minggu (11/4/2021), kandungan gel yang ada pada daun lidah buaya adalah yang kamu butuhkan untuk pemupukan tanaman.

Campuran yang terbentuk dari gel ini digunakan untuk membasahi tanah atau digunakan sebagai pakan daun.

Baca juga: Lidah Buaya Juga Bisa Jadi Pupuk Alami Tanaman Hias

Kandungan lidah buaya terdapat unsur hara makro berupa kalium, kalsium dan magnesium. Sedangkan unsur hara mikro lidah buaya meliputi unsur ferrum/besi, mangan, cuprum/tembaga, zincum/seng.

Lidah buaya dianggap bisa menjadi pupuk tanaman karena dia juga memiliki kandungan zat perangsang tumbuh (ZPT) berupa hormon auksin dan giberelin.

Menggunakan lidah buaya sebagai makanan daun

Memberi makan daun tanaman yang kamu miliki sebanyak 2-3 kali seminggu dengan lidah buaya bagus untuk mendapatkan hasil yang cepat.

Untuk menjadikan lidah buaya sebagai tambahan nutrisi tanaman, berikut beberapa cara yang perlu kamu lakukan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com