Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/04/2021, 18:39 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman lidah buaya atau Aloe vera telah ditanam dan dimanfaatkan sejak lampau. Lidah buaya merupakan salah satu tanaman obat yang paling banyak digunakan.

Anda pun bisa menanam lidah buaya di pekarangan rumah atau di pot, lalu ditempatkan di dalam rumah atau di teras. Dengan begitu, Anda bisa langsung menikmati manfaatnya.

Dilansir dari Gardening Know How, Jumat (30/4/2021), berikut cara menanam lidah buaya di rumah.

Baca juga: Lidah Buaya Bisa Jadi Pupuk Organik Cair Tanaman Hias, Begini Caranya!

Langkah pertama dalam perawatan tanaman lidah buaya adalah menyadari bahwa tanaman ini adalah jenis tanaman sukulen. Seperti kaktus, tanaman sukulen bekerja paling baik dalam kondisi kering.

Saat menanam tanaman lidah buaya, tanamlah dalam campuran tanah pot kaktus atau tanah pot biasa yang telah diubah dengan perlit tambahan atau pasir bangunan.

Selain itu, pastikan pot memiliki banyak lubang drainase. Tanaman lidah buaya tidak dapat mentolerir genangan air.

Satu hal penting dalam perawatan tanaman lidah buaya adalah pencahayaan yang tepat. Tanaman lidah buaya membutuhkan cahaya terang, jadi paling baik tumbuh di jendela yang menghadap ke selatan atau barat.

Baca juga: Begini Cara Menanam dan Merawat Lidah Buaya agar Tumbuh Banyak

Cara merawat lidah buaya

Aspek penting lainnya dari cara menanam tanaman lidah buaya adalah menyiram tanaman dengan benar. Tanah tanaman lidah buaya harus dibiarkan benar-benar kering sebelum disiram.

Saat tanaman lidah buaya disiram, tanah harus benar-benar basah, tetapi air harus dibiarkan mengalir dengan bebas dari tanah. Alasan paling umum tanaman lidah buaya mati adalah karena pemiliknya terlalu sering menyiram, atau tidak membiarkan airnya mengalir.

Anda bisa menyuburkan tanaman lidah buaya dengan pupuk, tetapi lidah buaya umumnya tidak perlu dibuahi. Anda dapat menggunakan pupuk berbahan dasar air yang mengandung fosfor dengan kekuatan setengah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com