Kompas.com - 28/04/2021, 18:17 WIB
Ilustrasi lidah buaya Unsplash/Heye JensenIlustrasi lidah buaya

JAKARTA, KOMPAS.com - Lidah buaya merupakan tanaman hias yang familiar bagi sebagian besar orang. Tanaman genus Aloe ini kerap dijadikan sebagai bahan pengobatan alami.

Kandungan gel yang dimiliki lidah buaya dapat mengatasi berbagai masalah kulit, rambut, pencernaan, mencegah dehidrasi, menjaga kadar gula, dan masih banyak lagi.

Namun, dari banyaknya manfaat yang diberikan, lidah buaya juga baik untuk dijadikan sebagai pupuk organik cair (POC) yang manjur untuk tanaman hias. 

Baca juga: Mengapa Tanaman Lidah Buaya Layu? Kenali Penyebabnya

Dikutip dari channel Youtube Berkebun di Rumah, Rabu (28/4/2021), kandungan lidah buaya mampu memberi nutrisi dan menyuburkan tanaman hias. Lidah buaya memiliki potensi sebagai penambah unsur hara yang tinggi bagi tanaman serta kandungan zat perangsang tumbuh (ZPT) berupa hormon auksin dan giberelin.

Kandungan yang terdapat dalam lidah buaya adalah zinc, selenium, kalsium, potasium, magnesium, tembaga, enzim, sodium, kalium, kromium, flanoid, fenol, serta vitamin A, B2, B12, B6, C, dan E. 

Baca juga: Begini Cara Menanam dan Merawat Lidah Buaya agar Tumbuh Banyak

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tak hanya itu, kandungan serat dalam lidah buaya berkhasiat memperbaiki struktur fisik tanah maupun media tanam. Untuk menjadikan lidah buaya sebagai pupuk tanaman hias dan lainnya, kamu hanya perlu menyiapkan satu tanaman lidah buaya utuh, gunting, wadah, toples plastik ukuran besar, dan air sebanyak 1,5 liter. 

Simak cara memanfaatkan lidah buaya sebagai pupuk selengkapnya di bawah ini. 

Cara Membuat

1. Potong daun atau pelepah lidah buaya menjadi kecil-kecil menggunakan gunting pada sebuah wadah.

2. Setelah daun lidah buaya terpotong kecil-kecil, masukkan ke toples plastik. 

Baca juga: Lidah Buaya Juga Bisa Jadi Pupuk Alami Tanaman Hias

3. Masukkan 1,5 liter air biasa ke dalam toples plastik berisi potongan lidah buaya. 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X