Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, Ini Cara Menanam Lidah Buaya di Dalam Ruangan

Bahkan, melansir Ask Wet and Forget, Selasa (11/1/2022), tanaman lidah buaya tergolong tanaman sukulen yang bisa ditanam di dalam ruangan.

Seputar tanaman lidah buaya

Tanaman lidah buaya memiliki gel yang dapat meredakan luka bakar, gigitan serangga, atau luka kecil. Lidah buaya juga dapat memurnikan udara. 

Meski begitu, tanaman ini beracun bagi hewan peliharaan seperti anjing dan kucing bila tertelan. Lidah buaya dapat menyebabkan muntah-muntah, diare, dan lesu.

Sebelum mulai menanam lidah buaya di dalam rumah, cari dulu lokasi yang sulit dijangkau  hewan peliharaan agar mereka tetap aman dan tanaman dapat tumbuh dengan baik.

  • Tanah

Tanah pot yang berpasir dan well-drained merupakan pilihan paling tepat untuk lidah buaya. Well-drained adalah jenis tanah yang memungkinkan air mengalir dengan kecepatan sedang sehingga tidak menimbulkan genangan. 

  • Pot dan lokasi penyimpanan

Untuk pot, tanaman lidah buaya dapat tumbuh dengan subur di dalam jenis pot apa pun selama akarnya dipadati tanah. Letakkan pot lidah buaya di tempat yang tidak terlalu sempit.

Lidah buaya dapat tumbuh mencapai 30-60 sentimeter, sementara lebarnya bisa mencapai 15 sentimeter. 

  • Pencahayaan

Tanaman lidah buaya membutuhkan cahaya yang terang, tapi tidak langsung. Letakkan pot di jendela yang meghadap ke arah selatan atau barat.

Saat sedang menyiram lidah buaya, biarkan tanah mengering dulu di antara penyiraman. Saat musim dingin, jangan terlalu sering menyiram tanaman.

  • Pupuk

Cara terbaik memberi makan lidah buaya adalah menggunakan pupuk cair tanaman hias. Pilih pupuk cair yang memiliki rasio nutrisi 10-40-10, kemudian gunakan pupuk sesuai dengan instruksi yang ada.

Tanaman lidah buaya lebih suka diberi makan secara ringan dan tidak terlalu sering. Mulai beri pupuk pada Maret dan beri pupuk sebulan sekali.

Sebagai tambahan, jangan mulai memupuk tanaman lidah buaya mulai akhir musim panas hingga akhir musim dingin.

  • Suhu ruangan

Saat menanam lidah buaya, perhatikan suhu ruangan. Lidah buaya tumbuh subur dalam suhu ruangan. Selanjutnya, taruh tanaman di ruangan bersuhu anatar 12,7-26,67 derajat Celsius.

Kutu putih mealybug biasanya muncul pada daun dan terlihat seperti gumpalan kapas putih berukuran kecil. Bersihkan hama ini dengan mengusapkan kapas yang sudah diberi alkohol atau gunakan semprotan insektisida.

Serangga sisik muncul pada daun dan berbentuk oval. Mereka memiliki penutup seperti cangkang dan akan menghisap getah lidah buaya, yang akan melemahkan tanaman tersebut. Cara mengusir serangga ini adalah menggunakan tanang atau semprotan holtikultura.

Sementara itu, kutu daun biasanya berwarna terang dan berukuran sekitar 1,2 sentimeter. Mereka berwarna cokelat, merah, hijau, kuning, atau hitam, tergantung spesiesnya.

Jika lidah buaya mulai berwarna kuning, periksa bagian bawah daun untuk mencari kutu daun. Lidah buaya yang diserang kutu daun akan dikerubungi semut.

Adapun hal ini karena zat lengket dari kutu daun akan menarik semut. Cara membasminya adalah  menyingkirkan daun yang terinfeksi.

Semprot tanaman dengan aliran air yang kuat untuk menjatuhkan mereka dari tanaman. Alternatifnya, oleskan minyak nimba atau sabun insektisida. 

Cara menjaga lidah buaya agar tetap sehat

Menjaga lidah buaya tetap sehat dan segar akan adalah memastikan tidak menyiramnya secara berlebihan dan pot memiliki drainase yang baik.

Apabila ada bintik-bintik kecokelatan pada daun dewasa, mungkin kamu menyiram tanaman secara berlebihan. Jika bintik-bintik itu muncul pada daun baru, lakukan propagasi.

Begitu pun drainase yang baik dapat mencegah aliran air tidak menumpuk yang dapat menyebabkan akar tanaman membusuk. Akar busuk juga bisa disebabkan kurangnya sinar matahari atau suhu ruangan yang terlalu dingin atau terlalu panas.

Tanda-tanda tanaman lidah buaya memiliki akar busuk adalah daun bagian bawah berwarna gelap dan terasa lunak serta ujung daun berwarna cokelat tua dan terasa lunak.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/01/11/205300776/simak-ini-cara-menanam-lidah-buaya-di-dalam-ruangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke