Kompas.com - 11/01/2022, 17:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Gulma atau rumput liar tumbuh dengan cepat sehingga membuat taman atau kebun terlihat tidak rapi. Bahkan gulma mencuri nutrisi dari tanaman yang sehat.

Untuk menyingkirkan gulma, banyak orang memilih menggunakan produk kimia. Namun, hal itu ternyata bisa berdampak buruk bagi tanaman serta lingkungan. 

Baca juga: 7 Cara Alami Membasmi Gulma di Taman

Padahal, membasmi gulma tidak selalu menggunakan produk kimia. Gulma bisa disingkirkan dengan cara alami seperti menggunakan air mendidih. Selain alami, cara ini lebih efektif dan hemat. 

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Selasa (11/1/2022), menurut University of California Integrated Pest Management Online, air mendidik bekerja lebih baik pada gulma berdaun lebar daripada pada tanaman keras yang sudah mapan.

Nah, berikut langkah membasmi gulma menggunakan air panas. 

Baca juga: 6 Cara Mudah Menghilangkan Gulma di Taman Secara Permanen 

Gunakan pakaian pelindung

Ilustrasi gulma, mencabut gulma di halaman rumah. PIXABAY/MARIA Ilustrasi gulma, mencabut gulma di halaman rumah.
Untuk membasmi gulma dengan air panas, hal pertama kali yang harus dilakukan adalah menggunakan pakaian pelindung seperti baju dan celana panjang serta sepatu kebun.

Hal ini membantu melindungi kulit jika air mendidih memercik ke tubuh Anda. 

Baca juga: Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Menyemprot Pembasmi Gulma di Halaman

Indentifikasi gulma

Selanjutnya, indentifikasi gulma yang ingin disingkirkan menggunakan metode air mendidih. Pilih gulma yang tidak berada di dekat tanaman yang sehat karena bisa membuatnya mati terkena percikan air mendidih.

Air mendidih sering kali bekerja paling baik pada gulma di sepanjang trotoar dan jalan masuk, jauh dari tanaman lain. 

Isi teko dengan air mendidih

Ilustrasi gulma, rumput liar.PIXABAY/PHOTOAC Ilustrasi gulma, rumput liar.
Setelahnya, isi teko dengan air, lalu panaskan air di atas kompor sampai mendidih kira-kira lebih dari 90 derajat Celcius. 

Baca juga: 4 Cara Alami Membasmi Gulma pada Tanaman 

Siram air panas ke rumput liar

Bila air sudah mendidih, matikan kompor dan angkat teko dari kompor. Bawa teko ke taman dengan hati-hati, lalu siram pada gulma yang ingin dibasmi dengan segera. 

Jangan membuang waktu untuk menyiram gulma karena suhu air mendidih turun dengan cepat, padahal panas itulah yang membunuh gulma. 

Tuangkan air mendidih dengan hati-hati agar air tidak terciprat. Untuk hasil maksimal, lakukan cara ini beberapa kali. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.