Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/08/2021, 14:08 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski menjadi pengganggu yang menyebalkan, ternyata gulma atau rumput liar di sekitar kebun dapat dimanfaatkan sebagai pupuk.

Dilansir dari Gardening Know How, Kamis (5/8/2021), gulma yang berada di sekitar kebun bisa dibuat menjadi pupuk teh gulma. Pupuk ini dapat memberikan dorongan nutrisi penting tanpa harus menggunakan produk lainnya.

Pupuk teh gulma mengandung berbagai nutrisi, dari fosfor, kalium, nitrogen, magnesium, belerang, tembaga, boron, mineral, hingga nutrisi lain yang disimpan dalam akar dan daunnya. 

Baca juga: Cara Membuat Herbisida Alami yang Ramah Lingkungan untuk Basmi Gulma

Cara membuat pupuk teh gulma 

Pupuk teh gulma mudah dibuat sendiri di rumah. Caranya, cukup menambahkan atau meletakkan gulma ke ember besar berisi air dengan perbandingan delapan gelas air dan 450 gram gulma.

Selanjutnya, tutup dan diamkan selama sekitar empat minggu. Namun, jangan lupa mengaduknya setiap minggu. 

Baca juga: Air Mendidih Bisa Bunuh Gulma, Begini Caranya

Setelah empat minggu, gunakan saringan atau kain tipis untuk menyaring bahan tanaman. Hal ini bertujuan menangkap benih dan memisahkan pupuk cair yang kaya nutrisi.

Sebenarnya, semua gulma bisa dijadikan pupuk teh, tetapi dandelion dapat bekerja baik karena menyimpan banyak nutrisi pada akarnya.

Perlu diingat bahwa teh gulma memiliki aroma yang kuat dan bagi sebagian orang aroma ini tidak menyenangkan. Selain itu, perlu berhati-hati agar tidak mengenai tangan atau pakaian Anda karena akan menimbulkan noda. 

Baca juga: Gulma di Halaman Rumah Bisa Dibasmi dengan Cuka, Begini Caranya 

Menggunakan teh gulma pada tanaman 

Setelah menyiapkan teh gulma, encerkan menjadi sekitar satu bagian teh dan sepuluh bagian air. Gunakan campuran ini sebagai pupuk langsung dan siramkan ke tanah setiap tanaman.

Tanaman apa pun, termasuk sayuran, dapat memperoleh manfaat dari teh gulma ini karena dapat digunakan sebagai pupuk daun.

Encerkan sampai warna teh lemah dan gunakan botol semprot untuk menyiram daun tanaman. Namun, hindari menyemprotkan teh gulma pada tanaman sayuran jika sudah hampir dipanen. 

Baca juga: 3 Cara Alami Singkirkan Gulma yang Membandel

Segera menggunakan pupuk teh gulma ini sesegera mungkin dan jangan biarkan teh gulma tidak dipakai sampai tahun depan. 

Selain itu, gunakan pupuk teh gulma tidak lebih dari sekali setiap dua minggu atau lebih. Transplantasi baru, tanaman berbunga, dan buah-buahan yang sedang tumbuh akan sangat diuntungkan dengan peningkatan nutrisi dari teh gulma ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com