Kompas.com - 11/01/2022, 13:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Seperti tanaman hias pada umumnya, tanaman caladium juga kerap mengalami berbagai permasalahan yang tak pernah diharapkan.

Meski begitu, permasalahan yang terjadi pada tanaman caladium tidak bisa dihindari sepenuhnya, sehingga setiap pemiliknya perlu siap menghadapinya.

Mulai dari tidak tumbuh rimbun dan serangan hama, terdapat beberapa permasalahan yang umum terjadi pada tanaman caladium.

Baca juga: Tips Merawat Caladium Saat Curah Hujan Tinggi Terjadi

Dikutip dari akun Instagram @tanamanmini, Selasa (11/1/2022), berikut ini adalah empat masalah yang sering muncul saat merawat tanaman caladium dan cara mengatasinya.

Ilustrasi tanaman hias caladium atau keladi.PIXABAY/GILDDA Ilustrasi tanaman hias caladium atau keladi.
Tidak rimbun-rimbun

Salah satu daya tarik dari tanaman sebuah tanaman hias adalah pertumbuhan yang subur dan rimbun.

Namun, apabila tanaman caladium susah untuk rimbun, disarankan agar memberikan nutrisi menggunakan pupuk organik cair (POC) urine kelinci.

Selain membuat caladium menjadi rimbun, penggunaan POC urine kelinci juga bisa membantu membuat warna daun keladi menjadi lebih kuat atau menor.

Daun dan batang yang layu

Baca juga: 5 Penyebab Daun Caladium Rontok

Penyebab daun maupun batang caladium menjadi layu bisa disebabkan banyak faktor, seperti diserang hama semut, baru direpotting, akar busuk, hingga mengajar arah datang sinar matahari.

Untuk mengatasinya, lakukan pengecekan akar caladium terlebih dahulu. Setelah dipastikan sehat dan tidak terdapat serangan hama, lakukan repotting atau pindah tanam.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan rotasi tanaman caladium ke arah berlawanan, sehingga ia mendapatkan sinar matahari dari arah yang merata.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.